Sabtu, 18 Mei 2024

Chatib Tak Berhasil Atasi Pelemahan Rupiah Saat Jadi Menkeu

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Sikap Skeptis masih muncul atas mencuatnya nama Chatib Basri atau akrab disapa Dede sebagai calon menteri di bidang perekonomian bila reshuffle jadi dilaksanakan oleh Joko Widodo presiden. Sebab Dede, yang mantan Menteri Keuangan di era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, justru sudah terbukti gagal.

“Saya hanya bicara fakta. Pelemahan Rupiah terhadap US Dollar sudah dimulai sejak jaman Dede jadi Menkeu. Dan tidak ada langkahnya yang efektif menahan pelemahan Rupiah,” kata Dradjad Hari Wibowo, ekonom dari Sustainable Development Indonesia (SDI), Senin (13/7/2015).

Untuk mengingatkan, Dradjad mempersiakan siapapun untuk mengecek pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan Chatib Basri saat menjadi Menteri Keuangan terkait pelemahan rupiah.

Sebagai latar belakang, tren pelemahan rupiah memang sudah dimulai sejak tahun 2011 lalu. Saat itu, Chatib Basri menjabat sebagai Menteri Keuangan RI.

Sebelum dikritisi oleh Dradjad, nama Chatib Basri sebagai kandidat calon menteri yang akan dimasukkan ke kabinet juga dikritisi Agus Priyanto Peneliti di lembaga Lingkar Study Perjuangan. Dia mengingatkan Jokowi presiden agar tidak gegabah menarik Chatib Basri masuk kabinet. Sebab, masuknya Chatib justru dikhawatirkan akan menjauhkan kebijakan pemerintah dari cita-cita Trisakti dan Nawacita.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs