Minggu, 19 Mei 2024

Ekonomi Digital Bisa Munculkan Miliuner US Dolar Baru dari Indonesia

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi

Ekonomi kreatif di Indonesia memang masih membutuhkan waktu yang lama untuk menyamai Korea. Tapi bukan tidak mungkin para pelaku ekonomi kreatif Indonesia menjadi miliarder Dollar Amerika baru.

Hal itu dikatakan oleh Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia dalam Musyawarah Nasional Khusus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munassus Hipmi) di Surabaya, Sabtu (7/10/2015).

“Presiden memang menargetkan kita bisa menyaingi ekonomi kreatif Korea yang merajalela,” ujarnya kepada hadirin di Hotel JW Mariot. Prediksinya, ekonomi kreatif Indonesia baru bisa menyaingi Korea pada tahun 2020.

“Memang tidak bisa terburu-buru,” kata pria yang merupakan mantan musisi, pengusaha, dan politisi ini.

Sebagai bagian ekonomi kreatif, dunia ekonomi digital menurut Triawan berpotensi besar membantu perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Internet marketing itu luar biasa,” kata Triawan. “Ada jaringan hotel terbesar di dunia yang tidak memiliki satu hotel pun, inilah kekuatan ekonomi digital,” ujarnya.

Dia mencontohkan, Imran Ramadhan, developer stiker line Indonesia bertajuk Flower Hijab berhasil menjual satu seri stikernya seharga Rp580 juta.

“Dunia digital memungkinkan menciptkan miliader US Dolar dari Indonesia,” katanya. Menurutnya, banyak startup Indonesia kalau tidak diberi investiasi akan mati dengan sendirinya. (den/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs