Senin, 6 Mei 2024

Ekspor Sarang Burung Walet Jatim Laris Manis di Hongkong

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Ilustrasi

Nilai ekspor sarang burung walet Jawa Timur periode Januari hingga April 2015 yang paling tinggi tertuju di Hongkong. Nilai total ekspor sarang burung walet Jawa Timur ke Hongkong mencapai 5.290.976 juta dollar Amerika Serikat.

“Hongkong memang jadi negara tujuan ekspor sarang burung walet Jatim yang tertinggi. Bahkan sejak tahun 2014 lalu. Tahun lalu nilai total ekspor sarang burung walet Jatim ke Hongkong mencapai 14 juta dollar Amerika Serikat lebih,” kata Henri Ferdinand Sahulata Kepala Seksi Ekspor Bidang Perdagangan Internasional Disperindag Jatim kepada suarasurabaya.net, Rabu (9/9/2015).

Tiongkok saat ini menjadi negara ke empat yang menjadi tujuan ekspor sarang burung walet Jatim. Padahal, tahun lalu Tiongkok tidak masuk 10 besar negara pengimpor sarang burung walet dari Jatim

“Karena tahun lalu Tiongkok keberatan dengan membludaknya sarang burung walet dari Jatim yang masuk ke negara mereka. Karena membuat produksi sarang burung walet lokal disana kalah bersaing. Tapi setelah ada aturan baru yang disetujui pengusaha sarang burung walet kita, Tiongkok saat ini masuk jadi negara 10 besar pengimpor sarang burung walet Jatim,” kata dia.

Selain Hongkong dan Tiongkok, negara tujuan ekspor sarang burung walet Jawa Timur adalah Singapura, Amerika Serikat, Vietnam, Kanada dan lain-lain.

“Sarang burung walet banyak manfaatnya. Bisa dikonsumsi sebagai makanan, kosmetik dan obat-obatan,” kata Henri.

Untuk diketahui, dua daerah pengekspor sarang burung walet Jawa Timur kebanyakan berasal dari Madura dan Malang. Di Asean sendiri, ekspor burung walet Indonesia bersaing dengan Thailand. (dop/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs