Selasa, 7 Mei 2024

Ibu-Ibu Pahlawan Ekonomi dapat Bekal E-Commerce

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Launching Pahlawan Ekonomi di Kapas Krampung Plaza, Minggu (31/5/2015). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Para ibu-ibu pelaku UKM Surabaya yang bergabung dalam program Pahlawan Ekonomi (PE) juga dapat bekal latihan berjualan online atau e-commerce oleh Tim Bukalapak.com.

Achmad Zaki CEO Bukalapak.com mengatakan timnya di Surabaya akan melatih ibu-ibu pelaku UKM dalam PE setiap seminggu sekali. “Kira-kira kami diajak itu sebulan yang lalu, kami sudah ada tim di Surabaya, kan. Platihannya seminggu sekali,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Minggu (31/5/2015).

Pelatihan tersebut, kata Zaki, seputar bagaimana berjualan secara online. “Bagaimana melayani pelanggan, apa saja teknik-tekniknya, kami akan ajarkan,” katanya.

Sebagian dari ibu-ibu pelaku UKM dalam PE telah menjadi member Bukalapak.com. Jumlahnya, kata Zaki, sudah mencapai sekitar 150 orang dan sudah mulai melakukan transaksi secara online.

“Surabaya ini besar, lho,” kata Zaki. Menurutnya, jumlah member Bukalapak.com dari Surabaya kini jumlahnya sudah sepertiga dari jumlah member DKI Jakarta. “Padahal, Jabodetabek itu kan sangat besar sekali ya,” katanya.

Pelatihan e-commerce oleh Bukalapak.com ini adalah salah satu program Pahlawan Ekonomi Surabaya 2015 yang diluncurkan Minggu pagi.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan bahwa secara umum Surabaya sudah siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Ini tampak dari perkembangan ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam PE yang produk UKM-nya sudah sampai ke luar negeri.

Tidak hanya itu, Pemkot Surabaya sedang menyiapkan sertifikasi bagi para pekerja di berbagai bidang sebagai upaya persiapan MEA.

Sementara, kata Risma, perkembangan kesiapan Surabaya juga tampak dalam pengajuan merek dan hak paten merek yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Paten merk dulu sekitar 400 merek per tahun, sekarang sudah lebih dari 1.000,” ujarnya. (den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
24o
Kurs