Minggu, 5 Mei 2024

Ingin Sukses, Harus Berani, Kreatif, dan Inovatif

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Peserta Binnova 2015 di kampus Ubaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Setiap peserta dituntut target pertahun Rp 1 trilliun. Dan pada proses awal kerjasama, peserta ditarget Rp 2 trilliun. Dan jika ditotal dalam proses kerjasama hingga tahun 2020, mereka ditarget Rp 6 trilliun. Berhasilkah para peserta?

“Inovasi bisnis dengan berbagai cara yang kreatif, inovatif dan aplikatif sangat diperlukan untuk memperbaharui kembali strategi suatu bisnis,” papar Aditya Prasetyo selaku Human Resource Manager.

Kompetisi Nasional ini diikuti 17 team yang mewakili beberapa kampus. Dari 17 team disaring menjadi 8 team melalui studi kasus. 8 team tersebut IPB Bogor dua team, Universitas Mercu Buana Yogyakarya satu team, Unesa satu team, Ubaya empat team.

Pada tahap ini peserta diminta menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan acaman BCP serta merancang strategi peningkatan penjualan melalui pasar modern dan tradisional.

Ke 8 team yang lolos datang ke Ubaya untuk melanjutkan serangkaian kegiatan sebelum presentasi final. Selama dua hari peserta berkumpul di Ubaya untuk mendapat penjelasan game plan rencana kunjungan langsung ke pasar tradisional dan pasar modern.

Dan pada hari ketiga, Sabtu (23/5/2015) kedelapan team akan presentasi hasil temuan di lapangan dan memaparkan ide perencanaan dan inovasi bisnis dengan target semula Rp 2 Triliun (2015) menjadi Rp 6 triliun di tahun 2020.

“Ide-ide inovasi bisnis diharapkan menjadi masukan bagi perusahaan dalam mengembangkan inovasi bisnis dan merealisasikannya. Bagi mahasiswa acara ini diharapkan menjadi sarana aktualisasi diri di bidang akademik untuk dunia bisnis atau Perusahaan,” kata Christina R.H., S.E., M.M.CPM (Asia) Ketua Panitia pada suarasurabaya.net.

Mereka yang beruntung selain mengantongi sejumlah hadiah, juga akan menerima penghargaan dan ide-ide yang disampaikan akan direalisasikan dalam perusahaan-perusahaan pendukung acara ini.

Digelar oleh Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya, diharapkan dari ajang Binnova (Business Innovation Competition) ke-IV mulai Kamis (23/5/2015) hingga Sabtu (25/5/2015) di kampus Ubaya Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs