Jumat, 3 Mei 2024

JIIPE Diprediksi Jadi Kawasan Industri Bintang Lima

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Kawasan JIIPE. Foto: www.jiipe.com

Imam Haryono Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri (P2I) mengatakan, kawasan industri terintegrasi Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) diprediksi akan menjadi kawasan industri bintang lima.

“Layaknya hotel, ada hotel bintang satu, ada juga bintang lima. JIIPE yang dibangun Pelindo III bisa dikatakan bintang lima karena terintegrasi dengan berbagai fasilitas,” katanya, saat tampil sebagai pembicara dalam Konferensi Nasional Bisnis Maritim yang digelar di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (29/10/2015).

Menurutnya, keberadaan JIIPE sejalan dengan rencana pemerintah yang ingin kawasan industri modern terintegrasi dengan pelabuhan, industri penopang, dan area bisnis lainnya.

“Ini yang menjadi target pemerintah untuk lebih banyak lagi dibangun. Khususnya di wilayah timur Indonesia,” ujar dia.

Pada kesempatan ini, dirinya juga memaparkan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) yang antara lain mencantumkan rencana pengembangan 36 kawasan industri baru sepanjang 2015-2035. 14 di antaranya, akan dibangun sepanjang 2015-2019, dengan 11 kawasan industri baru itu akan dibangun di kawasan Timur.

Imam juga memaparkan rencana penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) baru tentang kawasan industri dalam waktu dekat, untuk mendukung percepatan pembangunan kawasan industri baru.

Sementara itu, Bambang Setiono Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera mengatakan, JIIPE merupakan solusi untuk menekan biaya logistik.

“Karena logistic cost antara pabrik dengan pelabuhan harus ditekan, maka JIIPE sebagai kawasan terpadu menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas”, kata Bambang. (dop/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs