Jumat, 29 Maret 2024
Impor Sapi Perah

Jatim Datangkan 450 Ekor Sapi Perah dari Australia

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Jawa Timur berencana datangkan sapi perah impor dari Australia. Sapi-sapi ini sengaja didatangkan guna menambal kebutuhan susu sapi yang selama ini masih dipenuhi dari impor.

“Jatim saat ini masih kekurangan 30 ribu ekor sapi perah untuk mencukupi kebutuhan produksi susu bagi konsumsi masyarakat dan industri pengolahan susu (IPS),” kata Maskur, Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur, Selasa (7/4/2015).

Menurut Maskur, untuk tahun ini rencananya akan mendatangkan 450 ekor sapi dan akan disebar ke beberapa peternak sapi perah yang ada di Jawa Timur.

Sapi perah yang akan didatangkan, kata Maskur, tidak sembarang sapi melainkan akan melalui serangkaian proses karantina.

Selain itu, sapi perah yang akan didatangkan juga harus memenuhi kualifikasi khusus sesuai protokol kesehatan ternak Indonesia yaitu harus mampu memproduksi susu antara 5.000-6.000 liter per laktasi atau selama pemerahan sekitar 300 hari.

Sapi perah impor sendiri memiliki keunggulan karena mampu memproduksi susu hingga 20 liter perhari. Padahal sapi perah lokal hanya mampu memproduksi sekitar 8 liter perhari.

“Kita lihat, kalau memenuhi kualifikasi maka sapi itu kita bawa ke sini dan dikarantina terlebih dulu,” ujarnya.

Untuk memenuhi swasembada susu, Jawa Timur setidaknya membutuhkan minimal 30 ribu ekor sapi dengan anggaran mencapai Rp1,2 triliun.

Karenanya, Maskur berharap pihak swasta juga berperan dalam memperbanyak jumlah sapi perah di Jawa Timur. “Pemerintah pusat juga harus ikut memikirkan dengan membantu pendanaan melalui APBN,” kata dia.

Jika tiap tahun, Jawa Timur mendatangkan 450 ekor sapi, maka swasembada susu ditargetkan tercapai pada tahun 2024 mendatang. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs