Sabtu, 4 Mei 2024

Jatim Khawatir Penghapusan LCC akan Mematikan Rute Perintis

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Jawa Timur mengkhawatirkan penghapusan Low Cost Carrier (LCC) atau tarif murah pesawat hanya akan mematikan rute perintis antar kota yang saat ini mulai dibangun.

“Saat ini kita memiliki rute-rute perintis, jangan sampai penghapusan LCC ini akan mematikan rute perintis ini,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, Rabu (14/1/2015).

Beberapa rute pendek perintis yang saat ini sudah jalan di Jawa Timur diantaranya adalah rute Banyuwangi-Surabaya serta Jember-Surabaya.

Selain itu, pemerintah Jawa Timur saat ini juga berencana membuka rute pendek lainnya yaitu dari Bawean ke Surabaya dan dari Sumenep ke Surabaya.

Dengan penghapusan tarif murah, Soekarwo kawatir rute-rute pendek ini akan ditinggalkan konsumen yang ujungnya malah akan menghambat konektifitas orang dan barang di beberapa kawasan di Jawa Timur.

“Untuk angkut orang dan barang memang harus ada yang diberikan murah. Dari segi interkonektifitas bagus. Memang rute printis ini bukan untuk bisnis melainkan semata untuk membantu pertumbuhan ekonomi di daerah,” kata dia.

Karenanya, Soekarwo tetap berharap untuk rute printis tetap diizinkan untuk menerapkan tarif murah namun dengan tidak mengabaikan unsur keselamatan.

Sekadar diketahui, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan saat ini memang berencana untuk penghapusan Low Cost Carrier (LCC) dengan menaikkan tarif batas bawah penerbangan. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs