Minggu, 28 April 2024

Paket Ekonomi Jilid III Baru Terasa Dampaknya Tahun Depan

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Darmin Nasution Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI saat menghadiri Kongres ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia), Rabu (9/10/2015) malam. Foto: Dodi suarasurabaya.net

Darmin Nasution Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI menyatakan Paket Ekonomi jilid III yang baru saja dikeluarkan oleh pemerintah baru akan dirasakan dampaknya tahun depan. Dimana dalam paket tersebut ada 2 poin besar yaitu penurunan tarif/harga bahan bakar dan gas serta penyederhanaan izin pertanahan.

“Kita harus tunggu tahun depan pertumbuhannya. Tetapi mulai dari sekarang kita juga akan benahi yang lain-lain. Untuk perubahan harga solar memang tidak serta merta dampaknya,” katanya, Kamis (8/10/2015) dinihari WIB di Surabaya.

Selain perubahan tarif bahan bakar dan gas, Darmin berharap penyederhanaan izin pertanahan dalam hal penanaman modal dapat membuat waktu pengurusannya bisa semakin efisien.

“Paket kebijakan yang baru saja diumumkan itu mencantumkan penyederhanaan pengurusan hak atas tanah. Dan itu perubahannya cukup besar. Ngurus perpanjangan itu sering lama karena syaratnya banyak. Ke depan, kalau cuma perpanjangan, itu tidak perlu pakai syarat banyak,” kata dia.

Untuk diketahui, dalam Paket Ekonomi jilid III, pemerintah merevisi Permen (Peraturan Menteri) Agraria dan Tata Ruang Nomor 2 Tahun 2015 tentang standar Pelayanan dan Pengaturan Agraria. (dop/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs