Senin, 6 Mei 2024

Persaingan Global, Hotel Wajib Bersertifikasi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penerimaan sertifikasi dari LSU kepada Sheraton Hotel. Foto: Istimewa

Latief Darmawan Kepala Bidang Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) mengatakan, saat ini setiap badan usaha khususnya di bidang pariwisata dan perhotelan wajib melalui proses verifikasi dan sertifikasi.

“Sertifikasi sangat diperlukan menghadapi persaingan bisnis maupun industri secara bebas pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Khususnya pada bidang perhotelan serta pariwisata,” Latief Darmawan, Kamis (28/5/2015).

Menurut Latief, terdapat tiga bagian penting yang menjadi fokus utama dalam verifikasi dan sertifikasi, yaitu: produk, pelayanan dan pengolahan manajemen.

Seiring dengan mulai masuknya pemain-pemain bisnis pariwisata dan perhotelan dari luar Indonesia, maka setiap pelaku bisnis dari Indonesia sendiri akan diuji kesiapan dan kemampuannya memberikan yang terbaik bagi konsumennya.

LSU, tambah Latief, memiliki auditor-auditor yang profesional, sebelum melaksanakan tugasnya, auditor akan diberikan pelatihan professional dibidangnya masing-masing guna melakukan fungsi audit terhadap instansi yang akan disertifikasi.

“Tentunya kami tidak bisa main-main. Para auditor kami cukup profesional. Proses verifikasi dan sertifikasi pada sebuah hotel kami lakukan berdasarkan kesiapan dari masing-masing hotel,” kata Latief.(tok/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs