Jumat, 29 Maret 2024

Strategi Puspa Agro Bayar Langsung ke Petani Diminati

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

PT Puspa Agro Jawa Timur memilih menerapkan strategi bayar langsung kepada petani produksi dengan harapan agar produksi petani tetap lancar, sekaligus memberikan manfaat bagi petani sehubungan dengan hasil panen yang diproduksinya.

“Dengan strategi itu, setidaknya kami memang berharap petani dapat langsung menikmati hasil panennya. Berbeda dengan jika petani berurusan dengan tengkulak. Petani masih harus menunggu pelunasan pembayaran, dan tidak dapat langsung menikmati hasil panen,” terang Abdullah Muchibuddin Direktur PT Puspa Agro Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Kamis (26/2/2015).

Diharapkan melalui upaya-upaya seperti pembayaran langsung kepada petani produksi, nantinya secara perlahan praktik-praktik curang yang dilakukan para tengkulak dapat diberantas. Namun demikian ditegaskan Muchibuddin bahwa dukungan petani produksi dalam hal ini tetap dibutuhkan.

“Tentunya kami tidak dapat bekerja sendiri. Petani kami harapkan memiliki keberanian untuk mempercayakan produk-produk hasil pertaniannya kepada kami. Sehingga ke depan praktik-praktik tengkulak dengan pembayaran merepotkan bisa dihindari,” tegas Muchibuddin.

Ditanya bagaimana dengan keuntungan melalui pembayaran langsung yang dilakukan PT Puspa Agro Jawa Timur, kepada petani produsen tersebut?

“Memang tidak terlalu tinggi. Tetapi nantinya akan terasa bagi petani produsen maupun bagi PT Puspa Agro sendiri. Ini yang memang kami harapkan,” pungkas Muchibuddin.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs