Jumat, 3 Mei 2024

Untag Surabaya Gelar Uji Kompetensi Bersaing di Pasar Global

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa ikuti uji kompetensi, agar sukses bersaing dipasar global. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sekurangnya 310 Peserta ikuti Uji Kompetensi manajemen wirausaha dan produktivitas yang digelar untuk pertama kalinya di Untag Surabaya, Sabtu(5/12/2015). Uji kompetensi ini akan menjadi salah satu tolok ukur bagi setiap lulusan perguruan tinggi untuk menghadapi dunia kerja.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah RI nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Permendikbud RI nomor 81 tahun 2014 setiap perguruan tinggi wajib menyelenggarakan sertifikasi tersebut.

Dr Sumiati, MM, Ketua Panitia Uji Kompetensi, mengatakan bahwa dunia kerja saat ini menuntut kita tidak hanya memiliki kemampuan bidang akademik saja tapi kemampuan soft skill yang menunjang. Soft skill ini inilah yang menjadi pertimbangan lain untuk pengguna lulusan perguruan tinggi.

“Jadi setiap lulusan harus punya keunggulan lain di luar bidang akademiknya. Itu yang harus dipahami para mahasiswa saat ini, agar mereka siap berkompetisi dalam rangka memenangkan persaingan,” ujar Sumiati.

Sementara itu ditegaskan Prof. Dr. drg. Hj. Ida Aju Brahmasari, Dipl, DHE, MPA., Rektor Untag Surabaya bahwa uji kompetensi ini merupakan wujud nyata dari Untag Surabaya untuk mencetak sumber daya yang berkualitas.

“Kegiatan ini sebagai komitmen kami untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas agar mampu bersaing di era global seperti pada saat ini dan juga menghadapi MEA tentunya. Oleh karena itu kami harapkan mahasiswa memahami ini,” kata Ida Aju Brahmasari, Sabtu (5/12/2015).(tok/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs