Rabu, 24 April 2024

Cadangan Devisa Agustus Bertambah 2,1 Miliar Dolar

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Tirta Segara Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI. Foto : Antara

Bank Indonesia (BI) dalam keterangan persnya mengatakan, jumlah cadangan devisa pada akhir Agustus 2016 bertambah 2,1 miliar dolar AS, dari jumlah pada akhir Juli 2016 sebesar 111,4 miliar dolar AS menjadi 113,5 miliar dolar AS.

Tirta Segara Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI mengatakan, penambahan penerimaan cadangan devisa tersebut antara lain karena penerimaan pajak dan devisa migas, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah. Selain itu, kata Tirta, pendapatan devisa berasal dari hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas yang melampaui kebutuhan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas yang telah jatuh tempo.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” ujar Tirta, Rabu (7/9/2016).

Dilansir dari Antara, jumlah cadangan devisa tersebut cukup untuk membiayai 8,7 bulan impor atau 8,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Jumlah cadangan devisa tersebut juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor. (ant/tit/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs