Jumat, 3 Mei 2024

Gerai Khusus UMKM akan Tersedia di Seluruh Kantor Pos

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pembukaan gerai UMKM Pos di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, Kamis (10/3/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

PT Pos bangun gerai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan adanya gerai pos, mulai kini pelaku UMKM bebas menitipkan barangnya di seluruh kantor pos yang ada di seluruh kecamatan.

“Pos jadi fasilitas, kalau dulu penjualan UMKM kan fokus di lingkungan sekitar, sekarang bisa dititipkan di kantor pos,” kata Gilarsi Wahju Setijono, Direktur Utama PT Pos, usai menandatangai MoU antara PT POS dengan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, Kamis (10/3/2016).

MoU sendiri digelar di Dinas Koperasi dan UMKM yang ada di Jalan Raya Juanda. Dalam penandatangan ini, Gilarsi optimis penggunaan kantor pos sebagai gerai produk UMKM akan mampu meningkatkan penjualan produk UMKM.

Agar bisa bersaing, maka produk UMKM yang akan dipasarkan Kantor Pos juga bukan produk sembarangan. Produk UMKM haruslah yang layak jual dengan kemasan menarik, serta murah.

Untuk mencari produk UMKM yang layak jual, maka Dinas Koperasi dan UMKM yang akan berperan memilih dan memilah produk. Dinas Koperasi dan UMKM juga berperan membantu melakukan pengemasan serta pengawasan produk.

“Display kita berikan ruang dengan tata letak terbaik free. Tapi untuk layanan pengiriman tetap bayar karena kita juga harus memikul biaya untuk Pak Pos yang mengantar barang. Tapi tentunya pengiriman inipun masih akan kami berlakukan harga khusus yang murah,” ujarnya.

Sementara itu, selain membangun gerai pos untuk UMKM, PT Pos juga mulai membangun sistem penjualan online sehingga produk UMKM tak hanya dipajang di kantor pos melainkan juga bisa dijual secara online.

Gilarsi mengatakan, penjualan secara online yang difasilitasi PT Pos dipastkan lebih menarik ketimbang situs jual beli online lain karena PT Pos akan menjamin keamanan dan ketepatan waktu pengiriman. Selain itu, biaya pengiriman juga akan lebih murah dibandingkan layanan pengiriman atau titipan milik swasta.

Sementara itu selain penandatangan MoU, PT Pos dan Dinas Koperasi UMKM Jawa Timur mulai hari ini juga membuka gerai pertama UMKM Pos yang ditempatkan di kantor Dinas Koperasi UMKM Jawa Timur yang ada di Jalan Raya Juanda.

“Dalam waktu dekat ini, akan kita lanjutkan membuka gerai di Gresik dan Sidoarjo,” kata Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur.

Di Jawa Timur sendiri, PT Pos memiliki lebih dari 600 kantor pos yang tersebar di seluruh kecamatan. Jika langkah ini berhasil, maka pelaku UMKM akan lebih mudah untuk memasarkan produknya. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs