Sabtu, 4 Mei 2024

Ini Jawaban Kenapa Harga Gula Tak Kunjung Turun

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi. Foto : antaranews.com

Pemerintah Jawa Timur akan kembali menggelontorkan gula ke pasaran untuk menekan harga yang hingga saat ini masih dikisaran Rp14.000 perkilogram. Berbeda dengan operasi pasar yang biasanya dijual langsung ke pembeli, namun operasi pasar kali ini akan fokus menjual gula ke para pedagang.

“Tidak bisa mendekte penjual eceran untuk menurunkan harga, yang bisa kita lakukan kita menjual ke mereka dengan harga yang rendah sehingga mereka akhirnya menjual lagi harganya juga rendah,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (3/6/2016).

Menurut Pakde Karwo, julukan Soekarwo, gula yang akan diedarkan dalam operasi pasar kali ini akan dilepas dengan harga Rp11.750 perkilogram.

Untuk menurunkan harga gula di pasaran memang tidaklah mudah karena hingga kini jumlah gula di tingkat pedagang masih mencapai 1500 ton. “Gula di pasar yang harganya Rp14 ribu itu masih 1500 ton, ini harus dihabiskan dulu baru harga gula murah bisa dinikmati konsumen,” kata dia.

Untuk menekan harga inipula, mulai hari ini beberapa pabrik gula juga mulai melakukan lelang gula dengan harga murah ke distributor pertama. Total gula yang akan dikeluarkan dari seluruh pabrik gula di Jawa Timur mencapai 40 ribu ton. Namun gula harga murah ini masih memerlukan waktu hingga sampai ke tingkat pengecer. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs