Kamis, 2 Mei 2024

Investasi Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya Diperkirakan Rp80 Triliun

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Pemerintah memperkirakan investasi untuk proyek kereta semicepat Jakarta-Surabaya akan membutuhkan sekitar Rp80 triliun.

Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (23/12/2016), mengatakan nilai tersebut didapat dari kajian awal (pre-eliminary study) proyek yang dilakukan Kementerian Perhubungan dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Dengan kecepatan 160 km/jam menggunakan tenaga listrik, perjalanan kereta Jakarta-Surabaya akan ditempuh dalam waktu lima jam.

Penggunaan sistem tenaga listrik dinilai Luhut sebagai peningkatan teknologi, sebab saat ini kereta jarak jauh masih menggunakan diesel.

“Untuk biaya, terus terang kami ingin ikut DED (detail engineering design). Karena angka yang dikeluarkan pemerintah Jepang kira-kira Rp102 triliun. Kami lihat angka itu mungkin bisa berkisar kurang dari Rp80 triliun. Tapi tetap nilai (investasinya) memang sangat besar,” katanya seperti dilansir Antara.

Lantaran nilai investasinya yang besar, Luhut menuturkan pemerintah akhirnya memutuskan skema pendanaan melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau “Public Private Partnership” (PPP).

Menurut dia, skema tersebut diusulkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro karena berdasarkan UU Perekeretaapian, jalur kereta merupakan aset negara yang harus dikelola pemerintah.

Proyek kereta semicepat Jakarta-Surabaya akan tetap menggunakan jalur yang sudah ada dengan melakukan revitalisasi.

Proyek tersebut telah lama dicanangkan dan sejak awal sudah ditawarkan kepada Jepang. Kendati demikian, jika ada penawaran yang lebih baik, pemerintah akan mempertimbangkan.

“Tapi tentu mereka (Jepang) punya hak karena terlibat dalam uji kelayakan. Kami mencari yang termurah, terbaik, tercepat. Tapi tentu ada keseimbangan. Kira-kira yang jelas dont put all your eggs in one basket,” jelasnya.

Ada pun mengenai perkiraan harga tiket kereta semicepat Jakarta-Surabaya, Luhut memperkirakan harganya akan berkisar Rp500.000 – Rp600.000.

“Harga tiketnya Rp500.000 – Rp600.000, tapi tergantung, masih kami lihat,” ujarnya.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs