Minggu, 19 Mei 2024

Kebijakan Pemerintah Soal Daging Mematikan Peternak Lokal

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Penjual daging sapi. Foto : Antara

Daniel Johan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI menegaskan jika kebijakan pemerintah terkait harga daging sapi Rp 80 ribu/Kg, justru bisa mematikan 5,3 juta peternak di Indonesia. Sedangkan, harga pakan untuk per Kg daging sapi sudah mencapai Rp 45 ribu. Karena itu, kalau kebijakan itu dipaksakan, berarti pemerintah memaksa peternak untuk mensubsidi orang kaya.

“Harga Rp80 ribu/Kg itu kalau daging beku dan tak mungkin laku di pasaran. Padahal, anggaran swasembada sapi mencapai Rp210 triliun. Jadi, kalau kebijakan itu dipaksakan peternak akan rugi Rp70 ribu/Kg. Jadi, sebaiknya pemerintah melakukan kebijakan lintas menteri khusus untuk pangan ini,” tegas politisi PKB itu dalam dialektika demokrasi “Monopoli dan stabilitas harga menjelang Ramadhan 1437 H”di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Karena itu kata Daniel, jangan selalu menyebut mafia kartel, kalau pemerintah terbukti tidak bisa mengendalikan harga. Padahal, pemerintah bisa membuat kebijakan dengan harga tertinggi di pasaran, dan siapa yang melanggar ketentuan itu bisa dijatuhi sanksi. Misalnya dilarang berjualan selama satu bulan dan sebagainya.

Hanya saja data jumlah kebutuhan daging dan impor sapi itu sendiri berbeda antar institusi pemeirntah. Baik BPS, Bulog, dan Kementerian Pertanian. Karena itu perlu dibentuk Badan Pangan Nasional (BPN), dan Badan Urusan Logistik (Bulog) adalah paling tepat, karena sudah ada perwakilannya di seluruh Indonesia.

“Jadi, Bulog harus menjadi stabilisator harga pangan di Indonesia,” Kata dia.(faz/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs