Jumat, 26 April 2024

Kemenperin Akui Telah Terima Laporan Bisnis Panasonic di Indonesia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Kementerian Perindustrian telah menerima laporan terkait kondisi bisnis Panasonic di Indonesia, yang diberitakan menutup pabriknya, kata I Gusti Putu Suryawirawan Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin.

Sayangnya, Putu belum ingin membuka isi laporan tersebut kepada media, sebelum ada pernyataan resmi dari perusahaan elektronik asal Jepang itu.

“Laporan sudah ada, tapi saya tidak berani ngomong, biar industrinya dulu ngomong. Semua kan harus sesuai fakta,” ujar Putu saat ditemui di Jakarta, Rabu (3/2/2016) seperti dilansir Antara.

Dalam keterangannya, Putu menyampaikan ilustrasi bahwa sebuah industri, khususnya elektronik, akan sangat bergantung pada kebutuhan dan perkembangan teknologi.

Misalnya, Putu mencontohkan, pabrik walkman pada masanya sangat jaya, karena digunakan untuk memutar musik dengan kaset di mana saja.

Kemudian, teknologi berkembang, hingga pada akhirnya lagu-lagu yang ingin didengarkan bisa disimpan dalam bentuk Universal Serial Bus (USB) atau gawai lainnya.

“Dengan demikian, apa kita bisa memaksa pabrik walkman untuk tidak tutup, tentu tidak bisa, karena pasarnya sudah bergerser, Pada akhirnya dibutuhkan perubahan,” ujar Putu.

Terkait tenaga kerja yang berhenti beroperasi, Putu menyampaikan, perusahaan memiliki kewajiban untuk melatih mereka agar bisa membuat produk yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Dalam hal ini, Putu meyakini bahwa hal yang sama juga akan dilakukan perusahaan raksasa elektronik Panasonic.

“Belum tentu PHK, Panasonic adalah perusahaan besar, terhormat, dia punya cara,” pungkasnya.

Sebelumnya, Said Iqbal Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengatakan bahwa beberapa anggota organisasinya akan terkena PHK oleh dua perusahaan elektronik Panasonic dan Toshiba.

Iqbal menyampaikan, pabrik lampu milik Panasonic Lighting di Pasuruan dan Cikarang dan pabrik televisi Toshiba di Cikarang tersebut akan tutup. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs