Rabu, 8 Mei 2024

Kunci Hadapi Tantangan Era Milenial, Adaptasi dengan Dunia Digital dan Inovasi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kresnayana Yahya Bisnis Analis dan Pakar Statistik Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kresnayana Yahya Bisnis Analis dan Pakar Statistik Surabaya telah memaparkan data pertumbuhan dan fenomena ekonomi sepanjang 2016, serta tantangan apa yang akan dihadapi pada 2017.

Pada 2016, pertumbuhan Teknologi Informasi atau IT sudah sangat terasa. Industri saat ini, bisa mengurangi konsumsi energi karena sudah bypass atau mulai memanfaatkan perkembangan IT.

“Hari ini, dunia sudah menjalankan konsep sharing ekonomi. Tapi mungkin tidak disadari oleh pelaku bisnis di Indonesia,” ujarnya.

Sharing ekonomi, memungkinkan orang yang tidak punya toko, tidak punya pabrik, bahkan tidak punya izin SIUP, tetap bisa menjual produknya.

Contohnya pertumbuhan layanan jasa berbasis aplikasi, juga perkembangan e-commerce. Kuncinya, kata Kresnayana, adalah adaptasi dengan perkembangan IT.

“Perubahan ekonomi pada 2017 tidak secara fisik, tapi pada software,” katanya. Menurutnya, pembuatan software adalah pekerjaan yang akan menghasilkan keuangan di era milenial.

Sedangkan tantangan setiap perusahaan, yang paling utama adalah Go Digital. Inovasi juga menjadi kunci agar sebuah perusahaan bisa bertahan.

“Bagaimanapun juga, setiap orang harus mengubah cara kerjanya agar menjadi lebih produktif,” ujarnya.

Menghadapi tantangan di era milenial ini, Indonesia memiliki peluang tumbuh besar dalam ekonomi dunia, terutama karena fenomena surplus demografi.

Apalagi, tahun depan, data-data Kresnayana menunjukkan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia ada di Asia. Pertumbuhan ekonomi di Asia diperkirakan mencapai 53 persen.

Setelah Kresnayana Yahya, pembicara selanjutnya adalah Henry Ongkojoyo, Head of Commercial Lazada Indonesia. Henry akan tampil di atas panggung Suara Surabaya Center membawakan materi yang berbeda.

Economic Outlook 2017 yang mengusung tema Peluang dan Tantangan di Era Milenial adalah persembahan Suara Surabaya Media, didukung Bank Jatim, Honda Surabaya Center, dan Top Coffee.

Acara ini juga didukung media partner suarasurabaya.net, Majalah Surabaya City Guide, e100 dan e100ss, serta She Radio.(den/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
29o
Kurs