Kamis, 28 Maret 2024

OJK-BPS Jalin Kolaborasi Statistik dan Jasa Keuangan

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Muliaman D Hadad Ketua Dewan Komisioner OJK. Foto : Antara

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) menyepakati kerja sama perdana di bidang statistik dan jasa keuangan untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

Kolaborasi tersebut dituangkan dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BPS dan OJK, tentang kerja sama dalam bidang statistik dan jasa keuangan di Gedung OJK Jakarta, Rabu (31/8/2016) seperti dilansir Antara.

Latar belakang MoU tersebut adalah mendukung pelaksanaan tugas pokok masing-masing lembaga dalam perencanaan, pelaksananan, pemantauan dan evaluasi yang memerlukan data statistik.

Muliaman Hadad Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan, landasan kerja sama tersebut adalah sinergitas dalam mendukung penyediaan data informasi yang akurat, konsisten dan berkesinambungan.

“Sehingga bisa dimanfaatkan dalam penyusunan kebijakan dan perencanaan. Data dan informasi penting dalam mendukung tugas lembaga sebagai dasar penentuan, perencanaan sekaligus evaluasi,” ujar dia.

Sementara itu, Suryamin Kepala BPS menyadari bahwa untuk menghasilkan produk statistik yang akurat dan kaya, pihaknya perlu merangkul lembaga lain untuk menyempurnakan data.

BPS juga membutuhkan data-data penting dari lembaga keuangan agar dapat mengambarkan potensi dan perkembangan riil sektor keuangan.

Kerja sama dengan OJK diharapkan mampu menghasikan produk statistik keuangan yang bermanfaat bagi pembangunan untuk kemudian bermuara bagi kepentingan bangsa.

“Pertukaran data memperkaya informasi dan mendukung penyediaan keadaan yang kemudian diidentifikasi menjadi indikator dan rekomendasi,” kata Suryamin.

Ruang lingkup MoU OJK-BPS tersebut menyangkut 12 pasal, di antaranya penyediaan, pertukaran, dan pemanfaatan data dan informasi; peningkatan kompetensi sumber daya manusia bidang statistik dan jasa keuangan; sosialisasi dan edukasi; dan penelitian dan pengembangan.(ant/tit/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs