Jumat, 3 Mei 2024

Pakde Karwo Adukan Harga Gula ke Presiden

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengaku telah mengadukan persoalan gula ke Joko Widodo Presiden. Alasannya, tingginya harga gula imbas dari masih tingginya harga yang dijual perusahaan gula.

“Kemaren saya sudah lapor ke presiden, bahwa pabrik gula itukan BUMN masak gitu, harusnya kan lelangnya murah. Laini lelangnya (pabrik gula menjual) Rp13.500 perkilogram, terus sampai di pasar jadinya berapa harga gula ini,” kata Soekarwo, Jumat (10/6/2016).

Sebelumnya melapor ke presiden, dirinya juga sempat melaporkan ke sekretaris negara untuk mengupayakan harga gula di Jawa Timur di kisaran Rp.11.750 perkilogram. Faktanya, beberapa pabrik gula di bawah naungan PTPN yang saat ini mulai melakukan proses giling justru menjual ke distributor dengan harga yang tinggi.

“Makanya saya juga berharap KPPU ikut turun agar harga gula bisa ditekan lagi. Operasi pasar sudah tidak mungkin mampu menekan harga gula karena harga gula di penggilingan sudah diatas Rp.13 ribu perkilogram,” kata dia.

Sementara terkait stok pangan, Soekarwo tetap yakin masih aman hingga lebaran mendatang. Dari data yang dia miliki, stok pangan yang menipis tinggal bawang merah yang stoknya hanya sampai 1,5 bulan ke depan. “Tapi di luar bawang merah semua aman. Bawang merahpun ini juga akan segera datang dari luar,” ujarnya. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs