Selasa, 23 April 2024

Pelindo III akan Bangun 11 Terminal Penumpang

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Antrean penumpang di area tunggu Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Foto : bumninsight.co.id

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan membangun sebelas terminal penumpang kapal laut di beberapa pelabuhan yang ada di Kawasan Timur Indonesia.

Edi Priyanto, Kepala Humas PT Pelindo III, Kamis (15/9/2016) mengatakan, 11 terminal penumpang yang akan dibangun diantaranya di Pelabuhan Tenau Kupang NTT, Pelabuhan Lembar NTB, Pelabuhan Sampit Kalteng, Pelabuhan Kumai Kalteng, Pelabuhan Maumere NTT, Pelabuhan Batulicin Kalsel, Pelabuhan Bima NTB, Pelabuhan Waingapu NTT, Pelabuhan Ende NTT, Pelabuhan Kalabahi NTT dan Pelabuhan Ippi NTT.

“Pembangunan terminal penumpang ini untuk meningkatkan pelayanan publik dan mempercepat pembangunan ekonomi nasional berbasis maritim,” kata Edi Priyanto.

Edi Priyanto mengatakan, kesebelas terminal penumpang akan segera dibangun mulai tahap perencanaan pada tahun ini dan berlanjut pada tahun depan.

Sebelas terminal penumpang ini akan dibangun dalam tiga klasifikasi sesuai dengan kapasitas penumpang di pelabuhan setempat yaitu klasifikasi terminal penumpang dengan kapasitas 1.500 orang, 1.000 orang, dan 750 orang.

Edi merinci, untuk kapasitas 1.500 orang yang akan dibangun pada Pelabuhan Tenau Kupang, Lembar, Kumai dan Sampit. Sedangkan terminal penumpang berkapasitas 1.000 orang pada Pelabuhan Maumere dan Batulicin, serta kapasitas 750 orang pada Pelabuhan Waingapu, Kalabahi, Bima, Ende dan Ippi.

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan sebelas terminal penumpang tersebut mencapai sekitar Rp350 miliar.

“Terminal penumpang kapal laut pada sebelas pelabuhan tersebut sebenarnya sudah ada saat ini, namun akan dibangun untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang kapal laut,” kata Edi. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs