Senin, 6 Mei 2024

Pertamina dan Semen Indonesia Sepakat Bekerjasama

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Suparni Dirut Semen Indonesia (kiri) dan Dwi Sutjipto Dirut Pertamina usai tandatangani nota kerjasama. Foto: Istimewa.

PT Semen Indonesia Persero Tbk dan PT Pertamina Persero menandatangani nota kesepahaman tentang Pengembangan Potensi Kerja Sama Bisnis Minyak dan Gas.

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Suparni Direktur Utama Semen Indonesia dan Dwi Sutjipto Direktur Utama Pertamina.

Dwi Sutjipto Dirut Pertamina mengatakan, pihaknya menyambut positif nota kesepahaman ini sebagai bentuk inisiatif sinergi BUMN. Kedua perusahaan, kata Dwi, akan melaksanakan sinergi berupa pengembangan, penyediaan, dan pendistribusian produk serta jasa Pertamina kepada Semen Indonesia.

“Penggunaan produk-produk Semen Indonesia oleh Pertamina, juga pemanfaatan aset Semen Indonesia dan Pertamina di wilayah Semen Indonesia dan Pertamina,” kata Dwi di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Saat ini, kata Dwi, Pertamina juga terus memacu kinerja dengan melakukan investasi infrastruktur strategis di sektor energi bersama mitra, seperti proyek-proyek Refining Development Masterplan Program, New Grass Root Refinery (NGRR), infrastruktur penerima LNG dan pipa gas.

“Selain itu juga, investasi infrastruktur storage dan distribusi BBM, modernisasi pabrik pelumas, serta pengembangan proyek hulu di dalam dan luar negeri untuk menjamin ketahanan energi nasional,” katanya.

Suparni Dirut Semen Indonesia mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyelesaikan dua pabrik semen terintegrasi, yakni di Rembang dan Indarung VI dengan masing-masing kapasitas produksi 3 juta ton per tahun.

“Selain itu, pada Maret 2016, Semen Indonesia juga menandatangani pendirian perusahaan patungan (JVC) dengan PT Samana Citra Agung yang bergerak di bidang produksi semen di Kabupaten Pidie, Aceh,” kata Suparni.

Kerjasama yang ditantandatangani, di kantor kementrian BUMN Jumat 22 april 2016, diharapkan terealisasi sehingga dapat berdampak positif bagi Pertamina dan Semen Indonesia.

“Sebagai mitra, kami akan berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada mitra usaha kami, Semen Indonesia,” kata Dwi Sutjipto.(bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs