Minggu, 5 Mei 2024

Ratusan Bunda Paud Surabaya Diajak Pahami Literasi Finansial

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kartono Direktur Operasional dan Marketing AXA Mandiri Financial Services saat mengajarkan literasi finansial kepada sejumlah bunda Paud di Gedung PPG Unesa, Selasa (3/5/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

AXA Mandiri dan AXA mengajak 300 bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Surabaya memahami pengelolaan keuangan. Kartono Direktur Operasional dan Marketing AXA Mandiri Financial Services mengatakan, kegiatan ini bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong kemajuan perempuan sebagai pilar ekonomi rumah tangga.

“Kami mendukung program literasi finansial Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kenapa perempuan, karena ibu-ibu ini adalah pilar ekonomi rumah tangga,” katanya di Gedung Pendidikan dan Profesi Guru (PPG) Unesa, Selasa (3/5/2016).

OJK mengeluarkan Surat Edaran nomor 1/SEOJK.07/2014 tentang Pelaksanaan Edukasi Peningkatan Literasi Keuangan kepada Masyarakat berlaku sejak 6 Agustus 2014.

Kartono sempat memberikan materi tentang pentingnya investasi dalam keluarga kepada sejumlah bunda PAUD di salah satu ruangan di gedung PPG Unesa.

Beberapa investasi yang perlu diketahui, kata Kartono, investasi melalui emas, properti, deposito, obligasi dan saham. “Dulu orang lebih banyak investasi di emas. Untuk obligasi dan saham, perlu bantuan. Jangan dilakukan sendiri. Atau, investasi juga bisa dengan menjalankan usaha,” kata Kartono.

Selain bentuk investasi di atas, AXA Mandiri juga mengenalkan investasi dalam bentuk asuransi, yang mana fungsi utamanya sebagai jaminan masa depan keluarga.

“Menurut sebuah penelitian, kesadaran literasi keuangan di Indonesia memang masih sangat rendah. Demikian juga tingkat kesadaran asuransi yang tidak lebih dari 10 persen penduduk Indonesia,” katanya.

Sebabnya, menurut Kartono, sebagian besar orang di Indonesia masih berpikir bahwa asuransi adalah pengeluaran, bukan investasi untuk masa depan.

Mengenai program edukasi literasi finansial, Kartono menjelaskan, AXA Mandiri sudah memulai sejak akhir 2015 lalu. Tidak hanya edukasi literasi finansial, AXA Mandiri telah mengajak hampir 4.000 guru di Indonesia dalam pelatihan teknik mengajar kreatif, metode membaca nyaring, dan pengelolaan keuangan keluarga.(den/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs