Minggu, 2 Juni 2024

Stabilkan Harga, PTPN XI Siapkan 800 Ton Gula

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto : antara

PTPN XI selaku produsen gula terbesar di Indonesia berkomitmen untuk stabilisasi harga gula dengan operasi pasar yang terus dilakukan.

“Dalam seminggu terakhir kita sudah alokasikan sebanyak 20 ton gula, tetapi kalau operasi pasar dilanjutkan hingga lebaran, maka kami sudah siap dengan 800 ton gula untuk membantu stabilkan harga gula,” papar Dolly P Pulungan Direktur Utama PTPN XI, Kamis (2/6/2016).

Dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net dari PTPN XI, pelaksanaan operasi pasar gula murah yang dilakukan oleh PTPN XI tersebut menyasar lokasi yang ramai dan tersebar di Jawa Timur.

“Kamis (2/5/2016) pagi ini, operasi pasar PTPN XI masih dilakukan di lokasi sekitar Surabaya, tetapi ke depan kami akan merambah daerah-daerah lain, sesuai kebutuhan yang ada,” jelas Pulungan. Rencananya kamis (2/6/2016) pagi, untuk operasi pasar PTPN XI di Surabaya, digelar di Pasar Manukan dengan harga gula Rp 12.000 per kilogram.

Menurut Dirut PTPN XI itu, pihaknya akan berkordinasi dengan instansi terkait guna suksesnya pelaksanaan operasi pasar guna stabilisasi harga kebutuhan pokok jelang lebaran. Dia juga menambahkan operasi pasar PTPN XI sendiri akan mengoptimalkan pula stok dan distribusi di 16 pabrik gula PTPN XI di Jawa Timur. PT Perkebunan Nusantara (PTPN XI) sendiri di tahun 2016 berupaya meningkatkan produksi gula menjadi 450.000 ton dengan target rendemen mencapai 8,04% sejalan dengan target pemerintah.

“Target produksi tersebut naik dari tahun 2015 kami memproduksi gula 405.000 ton dan mampu lebih besar menjangkau kebutuhan pasar dalam negeri,” kata Dolly Pulungan. (tit/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 2 Juni 2024
33o
Kurs