Rabu, 24 April 2024

Surabaya Genjot Peningkatan SDM di Era MEA

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya. Foto: Jose/Dok. suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya fokus untuk menggenjot peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakatnya di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini.

Sebab, menurut Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, kualitas SDM berperan penting untuk membangun kota agar berkembang lebih baik lagi.

“Sebab, tantangan kita ke depan menyangkut SDM. Karena sebagus apapun kita membangun kota, kalau warganya tidak mendapat kesempatan, tidak ada guna. Untuk itu, kami akan konsentrasi pada kualitas SDM,” kata Risma, Rabu (30/3/2016).

Pemberian beasiswa terhadap pelajar dan sertifikasi pekerja terus didorong Pemkot Surabaya untuk meningkatkan kualitas SDM warganya.

“Ada beasiswa yang bisa diambil oleh anak-anak kita. Kami akan dorong itu. Apapun peluangnya harus bisa ditangkap,” ujar dia.

Selain itu, Risma juga mengatakan, Pemkot Surabaya saat ini fokus terhadap perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di 154 kelurahan.

“Silahkan kalau ada masalah terkait UKM/UMKM disampaikan ke Media Center. Kami akan bantu perizinan hak patennya. Bahkan, kami datang juga tidak masalah. RW dan lurah tolong juga disampaikan ke warga. Ini menjadi penting karena bisa menjadi alat untuk memenangkan persaingan ekonomi,” ujarnya.

Infrastruktur Kota Surabaya juga menjadi perhatian Tri Rismaharini dalam menghadapi era MEA ini.

Menurutnya, ada beberapa proyek yang pengerjaannya akan dimulai tahun ini.

“Infrastruktur ada. Nanti barengan. Ada pengerjaan underpass Jalan Mayjen Sungkono, underpass Jalan A. Yani, Bundaran PTC. Jadi cukup banyak di 2016 ini. Termasuk nanti trem (angkutan massal cepat),” kata Risma.(dop/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs