Sabtu, 27 April 2024

Surabaya Single Windows Versi Mobile Siap Launching

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Aplikasi mobile Surabaya Single Windows (SSW). Foto: play.google.com

Surabaya Single Windows (SSW) layanan perizinan online Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang berbentuk mobile application rencananya di-launching April 2016 ini.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Hefli Syarifuddin Madjid, Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya.

“Masih kami sempurnakan beberapa bagiannya, mungkin bulan ini kalau sudah siap sudah bisa diresmikan,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (9/4/2016).

Sebelumnya, Eko Agus Supiadi Sapoetra Kepala Badan Koordinasi Pelayanan dan Penanaman Modal (BKPPM) Surabaya mengatakan aplikasi ponsel cerdas akan memudahkan pengusaha.

“Tentu lebih mudah, karena bisa diakses di handphone, ya. Nanti cetaknya tinggal ke kecamatan terdekat, tidak perlu menunggu saya,” katanya ketika kepada wartawan, Jumat (8/4/2016).

Untuk sementara ini, pelayanan yang termuat dalam SSW Mobile Apps antara lain pendaftaran izin usaha perdagangan dan perindustrian, pendaftaran usaha pariwisata, dan pendaftaran kependudukan.

Dalam aplikasi ini, pengguna juga bisa melakukan monitoring proses perizinan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya.

Pengguna juga bisa melakukan kontak dengan admin aplikasi di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi.

Percepatan perizinan dan penyediaan layanan SSW mobile ini, kata Eko, diharapkan mampu meningkatkan modal yang masuk ke Pemkot Surabaya.

“Kalau realisasi tahun 2015 lalu Rp32 triliun, setidaknya ada peningkatan 10 persen, menjadi Rp35 triliun,” ujarnya.

Eko mengatakan, realisasi investasi yang masuk ke Surabaya selama bulan Januari dan Februari kurang lebih Rp500 miliar.

Dengan adanya percepatan pelayanan, BKPPM Surabaya saat ini bisa melayani kurang lebih 4.000 permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) per bulan.

“Investor asing yang berencana masuk ke Surabaya ini dari Singapura. Di bidang properti dan bahan kimia,” katanya.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs