Minggu, 5 Mei 2024

Wapres Berharap Amnesti Pajak Tidak Berulang

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jusuf Kalla Wakil Presiden. Foto: Antara

Jusuf Kalla Wakil Presiden di hadapan para akuntan berharap agar ke depan amnesti pajak tidak berulang lagi.

“Amnesti harapan kita berhasil tapi satu harapannya mudah-mudahan tidak berulang lagi karena amnesti pajak itu mengampuni orang salah,” kata Wapres saat membuka Regional Public Sector Conference (RPSC) ke-4, Konvensi Nasional Akuntansi (KNA) ke-8 dan Peringatan HUT Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) ke-59 di Trans Luxury Hotel di Bandung, Kamis (8/12/2016).

Di hadapan para akuntan itu, Wapres menekankan jika akuntan bekerja baik, maka mereka tidak akan mengurangi keuntungan perusahaan, sehingga perusahaan tidak membawa lari uang ke luar, atau apapun.

“Nah kenapa bisa terjadi uang keluar? Karena laporan keuangannya tentu tidak jujur,” ujar Wapres.

Wapres juga mengatakan bahwa akuntan adalah orang yang dipercaya oleh orang kaya atau pengusaha untuk masuk ke ruang rahasia mereka, menghitung uang dan laba.

Selain itu, akuntan juga profesi yng ditakuti karena bisa memenjarakan orang karena dia yang mengetahui rahasia pemilik uang.

Jumlah realisasi uang tebusan program amnesti pajak hingga periode 1 Oktober 2016 mencapai Rp97,2 triliun atau sebesar 59 persen dari target penerimaan uang tebusan amnesti pajak sebesar Rp165 triliun.

Adapun, jumlah harta yang dilaporkan melalui surat pernyataan harta amnesti pajak (SPH) mencapai Rp3.621 triliun dengan jumlah uang tebusan amnesti pajak Rp93,7 triliun.

Dari jumlah harta itu, jumlah repatriasi Rp137 triliun atau 14 persen dari target Rp1.000 triliun, deklarasi harta dalam negeri Rp2.533 triliun, dan deklarasi harta luar negeri Rp951 triliun.

Rincian Uang Tebusan Amnesti Pajak Rp93,7 triliun itu, bersumber pada statistik amnesti pajak oleh Ditjen Pajak, dari orang pribadi non-UMKM yaitu Rp76,6 triliun, disusul badan non UMKM Rp9,7 triliun, lalu orang pribadi UMKM Rp2,64 triliun, dan terakhir badan UMKM Rp170 miliar.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs