Minggu, 28 April 2024

Wisatawan Surabaya Kedua Terbanyak Rekreasi ke Singapura

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Edward Koh, Executive Director South East Asia Singapore Tourism Board di Grand City Surabaya, Jumat (15/4/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Surabaya menjadi kota kedua terbanyak yang warganya berlibur ke Singapura. Jumlah terbanyak wisatawan asal Indonesia ke Singapura tetap dari Jakarta.

Edward Koh, Executive Director South East Asia Singapore Tourism Board yang menyatakan hal itu. Menurutnya, jumlah wisatawan asal Surabaya pada 2015 lalu sebanyak 133 ribu orang.

“Ya, Surabaya adalah kota kedua terbanyak yang berkunjung ke Singapura,” ujar Edward kepada wartawan dalam acara “Singapura, Seru Bareng!” di Grand City, Jumat (15/4/2016).

Sementara, kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Singapura selama 2015 lalu, yang tercatat oleh South East Asia Singapore Tourism Board mencapai 2,73 juta orang.

Jumlah itu, menurut Edward, adalah jumlah wisatawan terbanyak dibandingkan negara lain.

Negara lain yang menyumbang wisatawan di Singapura, antara lain China sejumlah 2,4 juta orang, Malaysia 1,2 juta orang, India 1 juta orang, dan Australia 800 ribu orang.

“Kebanyakan wisatawan asal Indonesia tujuannya untuk rekreasi ke Singapura, kedua untuk pengobatan, serta menghabiskan waktu ke hotel-hotel,” ujarnya.

Namun, seiring banyaknya promosi wisata Singapura, menurut Edward, mulai ada perubahan kecenderungan wisatawan asal Indonesia.

“Wisatawan asal Indonesia mulai membeli tiket atraksi ke Universal Studio di Singapore,” katanya.

Secara keseluruhan, wisatawan yang berkunjung ke Singapura untuk tujuan perjalanan bisnis. Kontribusinya sebanyak 30 persen.

Sedangkan 70 persen sisanya, wisatawan yang datang ke Singapura untuk berekreasi dan melakukan perjalanan medis ke rumah sakit yang ada di Singapura. (den/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs