Sabtu, 4 Mei 2024

APM Berlomba-lomba Pamerkan Mobil Andalan di GIIAS Surabaya 2017

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya, di Grand City Convex 2017. Foto: Denza suarasurabaya.net

Sebanyak 12 Agen Pemegang Merek (APM) mobil berlomba-lomba memamerkan produk unggulan masing-masing di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya, Grand City Convex 2017.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), Agen Pemegang Merk (APM) Mitsubishi Motors misalnya, memamerkan Mitsubishi Xpander sebagai tipe mobil andalannya.

Irwan Kuncoro Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI mengatakan, Xpander adalah kombinasi dari segmen multi purpose vehicle (MPV) dengan sport utility vehicle (SUV).

“Kami menyadari, sebagai pemain baru di kelas (MPV) ini, kami harus menonjolkan produk terbaik. Kami juga menyediakan aftersales yang memadai,” katanya saat memberikan keterangan pers di Grand City.

Xpander, kata dia, merupakan mobil Mitsubishi yang telah diproduksi di dalam negeri, di pabrik Mitsubishi dengan kapasitas 160 ribu unit per tahun yang ada di Cikarang, Jawa Barat.

Irwan juga mengklaim, 60 persen komponen yang digunakan di dalam Mitsubishi Xpander merupakan komponen yang diproduksi di dalam negeri.

Mobil ini, kata Irwan, juga mencatatkan penjualan yang cukup luar biasa setelah diluncurkan pada 10 Agustus 2017 lalu. Yakni sebanyak lebih dari 15 ribu surat pemesanan kendaraan (SPK) secara nasional.

Berbeda dengan Mitsubishi, Honda justru mengusung konsep Born to Race (terlahir balapan) di GIIAS Surabaya 2017. Mobil utama yang dipamerkan di booth Honda adalah Civic Type R (Racing).

Ang Hoey Tiong Presiden Direktur Honda Surabaya Center mengatakan, Honda Civic Type-R dihadirkan untuk membawa kembali DNA balap Honda sekaligus untuk memperluas segmen pasar Honda.

“Civic Type R telah memegang rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman, dengan catatan lap time 7 menit 43,80 detik,” kata dia.

Mobil yang baru dilaunching di Jakarta dalam ajang yang sama, GIIAS 2017, Agustus lalu ditawarkan di Surabaya dengan harga yang cukup fantastis. Yakni Rp1,003 miliar.

Tak hanya Mitsubishi dan Honda, Toyota dan Mazda juga memiliki type andalan yang digadang-gadang akan mendongkrak penjualan selama pameran GIIAS 2017.

Toyota menampilkan All New Voxy di segmen high MPV yang menyasar pasar kendaraan keluarga. Desain eksterior yang sporty dan stylish menjadi keutamaan mobil ini.

Hasan Koordinator Wilayah Auto 2000 Jawa Timur mengatakan, kehadiran Toyota All New Foxy ini menjadi jawaban atas tuntutan konsumen yang lebih dari sekedar Innova Venturer.

“Makanya kami hadirkan Voxy ini sebagai completely build up (CBU/mobil impor) yang sudah dilengkapi fitur-firur sesuai kebutuhan pelanggan, kenyamanannya setara Alphard, tapi harganya lebih terjangkau,” ujarnya.

Hasan menyatakan, Voxy dibanderol seharga Rp451 juta on the road, atau sudah termasuk kelengkapan surat kendaraan, khusus untuk di Surabaya.

Mazda pun tak mau kalah. Meski Mazda 2 masih menjadi favorit di Jawa Timur, tapi PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menghadirkan All New Mazda CX-5 sebagai mobil andalan di GIIAS Surabaya 2017.

Ricky Thio Direktur Sales, Marketing, dan PR PT EMI mengatakan, All New Mazda CX-5 yang berada di segmen SUV. Dia meyakini, mobil andalan ini bisa menjadi favorit selain Mazda 2 di pasar otomotif di Jatim, khususnya di Surabaya.

“Saya yakin Mazda 2 dan CX-5. Karena pasar Surabaya ini juga sangat berkembang pesat ya. Apalagi saya lihat jalan-jalan di Surabaya ini sudah semakin bagus, semakin lebar seperti di Jalan A Yani itu,” katanya. (den/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs