Minggu, 5 Mei 2024

Bank Dunia Proyeksikan PDB Indonesia Tumbuh 5,3 Persen pada 2018

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Suasana pembangunan dan gedung bertingkat di Jakarta. Foto: Antara

Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) riil Indonesia meningkat dari 5,2 persen pada 2017 menjadi 5,3 persen pada 2018 dalam laporan Triwulanan Perekonomian Indonesia edisi Juni.

Proyeksi pertumbuhan tersebut sejalan pertumbuhan PDB global, yang diperkirakan meningkat dari 2,7 persen pada 2017 menjadi 2,9 persen dalam kurun 2018-2019.

“Terkait ekonomi Indonesia, pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) terangkat karena melambungnya belanja pemerintah,” kata Rodrigo A. Chaves Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dalam peluncuran Triwulanan Perekonomian Indonesia di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Bank Dunia menilai perekonomian Indonesia memasuki 2017 telah memiliki pijakan kuat dengan lingkungan global yang lebih mendukung, kondisi fundamental dalam negeri yang membaik, serta peningkatan ekspor dan harga komoditas.

“Fundamental ekonomi Indonesia membaik, sehingga proyeksi berlanjut positif. Ini kabar baik yang menambah potensi pertumbuhan agar tidak terlalu rentan terdampak guncangan global,” kata Rodrigo sebagaimana dilansir Antara.

Konsumsi swasta diproyeksikan meningkat dengan tingkat inflasi yang moderat, nilai rupiah yang stabil, kepercayaan konsumen yang lebih kuat, dan tingkat suku bunga pinjaman konsumen yang rendah.

Dengan dukungan penerimaan fiskal yang lebih kuat, pemulihan konsumsi pemerintah yang terlihat pada triwulan I-2017 diperkirakan berlanjut.

Bank Dunia memperkirakan investasi di Indonesia akan menguat karena pemulihan harga komoditas terus berlanjut, kepercayaan investor meningkat dengan dukungan penaikan peringkat S&P, dan menurunnya tingkat suku bunga kredit komersial.

Ekspor juga diperkirakan meningkat tahun ini dan tetap kuat pada 2018, terangkat permintaan eksternal yang kuat seiring dengan pertumbuhan perekonomian global yang lebih cepat dan pulihnya perdagangan global.(ant/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Minggu, 5 Mei 2024
Kurs