Minggu, 5 Mei 2024

Cara Pelindo III Menghadapi Bisnis di Era Digital

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra President Director PT Pelindo III saat pemaparan di acara Suara Surabaya Economic Forum, Jumat (8/12/2017). Foto: Suara Surabaya Media

I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) President Director PT Pelindo III mengatakan era digital harus dihadapi, bukan ditakuti. Begitu pula dengan disruption, tidak perlu ditakuti tapi dihadapi dengan inovasi.

“Jangan takut disruption. Kalau kita kreatif dan inovatif, yakinlah bisa teratasi,” ujarnya saat menjadi pembicara di Suara Surabaya Economic Forum (SSEF) di Ballroom Grand City Surabaya, Jumat (8/12/2017).

Ari Askhara mengatakan, di era digital ini, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III telah menerapkan operasional berbasis IT dengan windows system on schedule di pelabuhan kelolaannya. Dengan sistem ini, pelanggan cukup membuka web untuk mengetahui slot jadwal keberangkatan kapal.

“Kami memberikan pelayanan one stop service, di kapal juga ditempel alat yang bisa memonitor kondisi kapal dari internet. Ini bisa menghemat biaya yang ada,” katanya.

Ari Askhara mengatakan, untuk bisnis kontainer semua pelabuhan mengalami kenaikan karena ada shifting dari kargo ke kontainer. Kenapa mereka berminat? Karena kontainer sangat efisien, mereka ngirim barang tidak di-charge tersendiri, karena bisa menggabungkan barang lain.

“Selain itu, karena kapal-kapal yang datang di Indonesia semakin besar dengan pelabuhan yang chanelnya lebih besar, kolamnya semakin dalam itu efisiensi, sehingga kapal bisa mengangkut kontainer lebih banyak,” katanya.

Terkait disrupstion PT Pelindo III akan meresponnya dengan menciptakan disrupstion di luar. Karena di bisnis pelabuhan disrupstion datang tidak secara cepat. “Kami akan garap peluang bisnis yang lain lagi yang da di sekitar pelabuhan,” katanya.

Sekadar diketahui, Suara Surabaya Media bersama Pelindo III mempersembahkan Suara Surabaya Economic Forum yang membahas lanskap bisnis di tahun 2018. Kegiatan ini digelar di Grand City Convex Surabaya, Jumat, 8 Desember 2017. Bertepatan dengan akhir tahun 2017, kegiatan ini dapat menjadi salah satu referensi mendapatkan gambaran skema perekonomian di tahun 2018 mendatang.

Para pembicara di antaranya Prof. Rhenald Kasali, Ph.D Founder Rumah Perubahan; Faisal Basri Pakar Ekonomi; Kresnayana Yahya Bisnis Analis dan Ahli Statistik; dan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra President Director PT Pelindo III.(bid/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs