Senin, 29 April 2024

Harga Cabai Rawit Stabil, Bawang Putih Naik

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pedagang bumbu dapur di Pasar Genteng Surabaya. Harga bawang putih naik menjadi Rp60 ribu perkilogramnya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Harga bumbu dapur jelang bulan suci Ramadhan cenderung stabil. Harga cabai rawit yang sempat tembus di harga ratusan ribu beberapa bulan lalu, sekarang sudah stabil di harga Rp50 ribu.

Udin (38) salah satu pedagang bumbu dapur mengatakan, harga cabai rawit cenderung stabil sampai bulan Ramadhan. Sebab, mulai banyak daerah pertanian cabai panen jelang Ramadhan ini. Tapi, jika jelang lebaran ada kenaikan permintaan, biasanya juga ikut terkerek harganya.

“Sekarang daerah Madura mulai panen, nanti daerah Nganjuk dan Kediri juga panen. Harga Rp50 ribu perkilo ini bisa turun lagi nanti saat Ramadhan,” ujarnya di pasar Keputran, Jumat (12/5/2017).

Udin mengatakan, bumbu dapur lainnya yang cenderung stabil adalah bawang merah yang di kisaran harga Rp30 ribu. Tapi, untuk harga bawang putih mulai naik, dari harga Rp30 ribu sekarang menjadi Rp60 ribu.

Penyebab kenaikan harga bawang putih ini dipicu kenaikan harga bawang putih di China. Sebagai informasi, sebanyak sekitar 95% kebutuhan bawang putih bergantung impor, terbanyak dari China.

“Kalau bawang putih memang kebanyakan dari Impor,” katanya.

Sekadar diketahui, Tim Satgas Pangan Polrestabes Surabaya bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya melakukan sidak pasar untuk mengetahui harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan dan Lebaran.

Kompol Lily Djafar Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya mengatakan, sidak pasar ini untuk mengantisipasi lonjakan harga di bulan suci Ramadhan.

“Sidak pasar dilakukan di Pasar Keputran, Pasar Genteng, Pasar Pucang. Selain pasar, sidak juga dilakukan di Pelabuhan Teluk Lamong,” ujarnya di Pasar Keputran, Jumat (12/5/2017). (bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs