Jumat, 19 April 2024

Infografis Perjalanan Ekonomi Indonesia dari 1945-2017 Diluncurkan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Presiden Joko Widodo meninjau megainfografik mengenai sejarah perekonomian Indonesia selama 72 tahun, di lapangan Monas, Jakarta, Minggu (27/8/2017). Foto: katadata.co.id

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bekerja sama dengan Katadata meluncurkan infografis atau tampilan visual berukuran 1,8x 17 meter mengenai perjalanan ekonomi Indonesia periode 1945-2017.

Peluncuran infografis yang berlangsung di Jakarta, Rabu (30/8/2017) dihadiri Darmin Nasution Menko Perekonomian, Boediono Wakil Presiden RI 2009-2014, Adrianus Mooy Gubernur Bank Indonesia 1988-1993 dan Jaya Suprana Penggagas MURI.

Dalam sambutannya, Darmin Nasution mengatakan peluncuran infografis ini bisa memberikan gambaran kepada generasi muda untuk memahami perkembangan ekonomi Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini.

“Ini sebagai upaya kami untuk menyampaikan substansi sejarah karena orang Indonesia tidak terlalu suka sejarah. Kalau melihat sejarah dari infografis, pasti semua bisa menyambung dengan baik,” kata Gubernur Bank Indonesia 2010-2013 ini seperti dilansir Antara.

Darmin mengatakan tidak mungkin mengajarkan sejarah perekonomian pada saat ini dengan menggunakan tabel-tabel karena generasi muda cenderung menggunakan teknologi dalam mengakses informasi atau referensi penting.

Ia menambahkan inforgrafis ini bisa memunculkan perubahan ataupun kritikan yang bisa menyempurnakan cerita perkembangan ekonomi Indonesia yang telah mengalami masa kejayaan, kejatuhan maupun kebangkitan.

“Kita bisa mengikuti, bukan hanya pergerakan dari tahun ke tahun, tapi juga kebijakan-kebijakan yang diambil. Jadi banyak informasi di sini, di luar sekedar kenaikan penurunan pendapatan per kapita atau macam-macam,” kata Darmin.

Infografis perjalanan ekonomi Indonesia yang diluncurkan dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan 72 tahun ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mengambil pelajaran dan kebijakan pembangunan di masa lalu.

Dalam tampilan visual itu terlihat pasang surut perjalanan ekonomi di era kepemimpinan tujuh presiden. Setiap pemerintahan dalam era tersebut memiliki tantangannya sendiri dan mempunyai respon kebijakan yang berbeda-beda.

Metta Dharmasaputra Direktur Eksekutif Katadata menambahkan peluncuran infografis dapat membuat sejarah perekonomian Indonesia dipelajari dan dipahami dengan lebih mudah dan menyenangkan oleh generasi muda.

“Infografis ini akan dikembangkan ke dalam format digital, sehingga dapat lebih mudah diakses oleh publik, khususnya kalangan muda, dan tersebar luas di media sosial,” jelasnya.

Menurut Metta, infografis ini bisa menjadi bagian dari sarana pendidikan untuk mendukung proses belajar mengajar di berbagai sekolah maupun kampus di seluruh Indonesia, khususnya mengenai sejarah perkembangan ekonomi Indonesia. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs