Jumat, 29 Maret 2024

Keputusan Trump Risiko Serius bagi Tatanan Perdagangan Global

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Prancis memberi reaksi atas keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, soal perdagangan dunia. Michel Sapin Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis, menegaskan, keputusan Trump menimbulkan risiko serius bagi tatanan perdagangan dunia.

Dia membuat pernyataan itu di sela konferensi yang diadakan di Paris tentang keterbukaan komersial.

Saat masa depan perdagangan internasional semakin dipertanyakan dan keterbukaan perdagangan menyebabkan ketidakpuasan, “Kita hari ini sedang menghadapi angin baru kontestasi manfaat keterbukaan komersial,” kata Sapin.

Dia mencatat, tantangan ini menyebabkan –terkhusus Amerika Serikat– mengambil keputusan proteksionis sepihak yang dapat menggoyahkan perekonomian global secara keseluruhan.

“Secara tak terduga, itu menyebabkan China bertindak sebagai pembela perdagangan bebas di kancah internasional terhadap penarikan Amerika,” kata Sapin seperti dilansir Antara.

Pada visi keterbukaan perdagangan Prancis, Sapin mengatakan, Prancis tetap jelas tentang hal ini: “Ya untuk mengejarnya, tetapi di bawah kondisi-kondisi yang menjamin distribusi yang adil dan pertumbuhan yang berkelanjutan.”

Menurut dia, Uni Eropa adalah kesempatan unik bagi Prancis dan untuk semua mitra Eropa kami untuk mempertimbangkan secara tegas dalam tatanan baru ini. “Kami harus, melalui lembaga-lembaga Eropa, mempertahankan visi terbuka kami ini dan hanya kebijakan perdagangan,” kata dia.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs