Jumat, 26 April 2024

Kuliah Sambil Berbisnis Bisa Menjadi Bekal Hidup

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi.

Adika Dwi Pramudika Pakar Enterpreneur dan Founder penulis.id mengatakan, menjalani berwirausaha sambil kuliah bisa menjadi bekal hidup saat sudah lulus nanti. Andaikan bisnisnya kurang sukses, tapi masih bisa dipetik pengalaman dalam mengelola bisnis sendiri.

“Manfaat wirausaha sambil kuliah pasti dapat bekal setelah lulus. Dia bisa paham bisnis yang sukses seperti apa dan sebaliknya, sehingga setelah lulus pasti menjadi sarjana yang matang,” ujarnya dalam program wawasan Radio Suara Surabaya, Sabtu (2/9/2017).

Adika mengatakan, tujuan utama kuliah sambil wirausaha adalah untuk menambah pengalaman dan kenalan (networking). Kalau bisnis itu menghasilkan maka itu bonusnya. Tapi, yang utama adalah menjalin pertemanan.

“Meski kampus telah mengajarakan enterprenuer tapi kalau tidak dipraktekkan ya percuma. Karena pastinya ada perbedaan antara teori dan praktek,” katanya.

Menurut Adika, kuliah sambil berwirausaha sekrang ini telah menjadi tren. Tapi, berbisnis ini tidak harus mengalahkan kuliah. Di kampus, para dosen harus memotivasi mahasiwa bahwa bisnis penting kuliah juga penting.

“Yang penting bisa mengatur waktu dan manajemen komunikasi dengan orang tua, karena orang tua biasanya hanya nuntut nilai tinggi. Pokoknya harus pinter-pinter mengatur waktu,” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs