Kamis, 29 Oktober 2020

Kuliah Sambil Berbisnis Bisa Menjadi Bekal Hidup

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi.

Adika Dwi Pramudika Pakar Enterpreneur dan Founder penulis.id mengatakan, menjalani berwirausaha sambil kuliah bisa menjadi bekal hidup saat sudah lulus nanti. Andaikan bisnisnya kurang sukses, tapi masih bisa dipetik pengalaman dalam mengelola bisnis sendiri.

“Manfaat wirausaha sambil kuliah pasti dapat bekal setelah lulus. Dia bisa paham bisnis yang sukses seperti apa dan sebaliknya, sehingga setelah lulus pasti menjadi sarjana yang matang,” ujarnya dalam program wawasan Radio Suara Surabaya, Sabtu (2/9/2017).

Adika mengatakan, tujuan utama kuliah sambil wirausaha adalah untuk menambah pengalaman dan kenalan (networking). Kalau bisnis itu menghasilkan maka itu bonusnya. Tapi, yang utama adalah menjalin pertemanan.

“Meski kampus telah mengajarakan enterprenuer tapi kalau tidak dipraktekkan ya percuma. Karena pastinya ada perbedaan antara teori dan praktek,” katanya.

Menurut Adika, kuliah sambil berwirausaha sekrang ini telah menjadi tren. Tapi, berbisnis ini tidak harus mengalahkan kuliah. Di kampus, para dosen harus memotivasi mahasiwa bahwa bisnis penting kuliah juga penting.

“Yang penting bisa mengatur waktu dan manajemen komunikasi dengan orang tua, karena orang tua biasanya hanya nuntut nilai tinggi. Pokoknya harus pinter-pinter mengatur waktu,” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Kamis, 29 Oktober 2020
27o
Kurs