Minggu, 26 Mei 2024

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Jatim Terus Meningkat

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Jawa Timur pada Agustus 2017 mengalami kenaikan 12,88 persen atau menjadi 26.365 kunjungan, dari bulan sebelumnya sebanyak 23.357 kunjungan.

Teguh Pramono Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, dalam keterangan persnya, Senin (9/10/2017) mengatakan, banyaknya objek wisata di Jawa Timur menjadikan kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan.

“Apalagi beberapa tahun belakangan banyak objek wisata yang mulai dibangun dengan upaya promosi yang cukup besar,” kata Teguh. Dia mencontohkan, kawasan Banyuwangi saat ini menjadi idola wisatawan. Selain itu juga kawasan Malang Selatan, lantas Kepulauan Gili Labak dan Gili Iyang di Pulau Madura, serta pegunungan Bromo.

Selain objek wisata alam, terdapat banyak objek wisata bertema taman rekreasi, seperti Taman Safari di Kabupaten Pasuruan, dan Jatim Park di Kota Batu.

Dari catatan yang ada, negara penyumbang wisatawan terbesar pada agustus 2017 masih didominasi Malaysia, Singapura, Tiongkok, Thailand, Taiwan, Jepang, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Hongkong.

Dari negara-negara tersebut, Malaysia menempati posisi tertinggi yaitu sebesar 21,13 persen dari total kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur. Selanjutnya adalah Singapura sebesar 9,90 persen dan Tiongkok 5,86 persen.

Sementara itu jika dilihat dari tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang pada Agustus 2017 tercatat sebesar 56,53 persen atau turun dari bulan sebelumnya yakni 58,63 persen.

Angka TPK ini menunjukkan jika pada Agustus dari setiap 100 kamar yang disediakan oleh seluruh hotel berbintang yang ada di Provinsi Jawa Timur, setiap malamnya sebanyak 56 hingga 57 kamar diantaranya telah terjual.

Sementara rata-rata lama menginap tamu (RLMT) untuk hotel bintang pada Agustus 2017 adalah 1,77 hari. Ini berarti bahwa pada umumnya lama tamu menginap, baik tamu asing maupun Indonesia, di hotel berbintang berkisar antara satu sampai dua hari.

Sedangkan angka RLMT tamu asing yang berkunjung ke Provinsi Jawa Timur tercatat 2,43 hari. Hal ini dapat diartikan rata-rata tamu asing yang menginap di hotel berbintang yang ada di Provinsi Jawa Timur tercatat selama 2 hingga 3 hari. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
29o
Kurs