Jumat, 29 Maret 2024

Mitsubishi Akan Lahirkan Mobil MPV Diproduksi di Indonesia

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Dua mobil keluaran terbaru dari Mitsubishi yang dipamerkan dalam Mitshubishi Motors Special Exhibition di Mall Ciputra World Surabaya 17 sampai 21 Mei 2017. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Mitsubishi Motors menilai tahun 2017 merupakan tahun penuh tantangan untuk mengkreasi penjualan produk-produk unggulannya. Termasuk pemasaran mobil jenis MPV yang diproduksi di Indonesia.

Menurut Imam Choeru Cahya Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), bisnis kendaraan penuh tantangan karena beberapa hal. Pertama, terjadinya pemisahan dua perusahaan berkaitan bisnis. Sebelumnya, seluruh kendaraan yang bermerek Mitsubishi dinaungi oleh PT Krama Yudha Berlian (KTB), tapi mulai April lalu, disesuaikan sesuai produk kendaraan.

“Untuk kendaraan passenger car seperti Pajero Sport, L300 dan Triton dinaungi PT MMKSI dan untuk kendaraan niaga seprti Fuso dan Diesel dinaungi PT KTB,” ujarnya saat launching Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate dan Triton Exceed 4×4 di Ciputra World Mall, Rabu (17/5/2017).

Tantangan berikutnya, Mitsubishi Corporation baru saja meresmikan pabrik di Indonesia pada April lalu. Salah satunya akan memproduksi kendaraan jenis Small MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang cukup banyak di tahun ini, produk itu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik tapi juga ekspor.

“Bulan Agustus akan kami launching untuk mobil MPV ini. Kami akan mengambil kue yang cukup besar di pasar MPV ini,” ujarnya.

Menurut Imam, semua distributor mobil yakin Indonesia masih menjadi pasar potensial untuk kendaraan jenis MPV ini. Hal itu dilihat dari sisi pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduknya.

“Kuenya cukup besar di Small MPV. Gaikindo merilis, dari 1,1 juta unit di tahun 2017, hampir 80 persennya didominasi permintaan passenger car termasuk MPV,” katanya.

Imam mengatakan, pihaknya menargetkan bisa menjual Small MPV sebanyak 5000 unit per bulan setelah diluncurkan pada Agustus nanti.

Small MPV yang diproduksi di Indonesia itu juga mengakomodir komponen lokal Indonesia. Sementara, lokal kontennya 65 persen dan diharapkan perkembangan ke depan meningkat.

“Harapan pemerintah mengakselerasi para investor supaya berinvestasi dengan lokalisasi komponen. Mitsubishi berkomitmen ke sana,” katanya.

Sekadar diketahui, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) distributor Mitsubishi di Indonesian kembali menggelar Mitshubishi Motors Special Exhibition di Mall Ciputra World Surabaya 17 sampai 21 Mei 2017.

Menyasar masyarakat perkotaan, pemeran ini juga meluncurkan dua varian baru kendaraan Mitshubisi yaitu Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate dan Triton Exceed 4×4.

Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate merupakan Pajero Sport terbaru dengan beberapa pengembangan diantaranya di segi tampilan, fitur, keamanan dan kenyamanan. Sedangkan model New Triton tahun ini mengalami penyegaran dari sisi eksterior, interior, dan fitur keamanan dan kenyamanan. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs