Sabtu, 4 Mei 2024

PDAM Surya Sembada Targetkan Lebih dari 20 Ribu Pelanggan Baru pada 2018

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sumber Mata Air Umbulan, Pasuruan. Foto: Denza suarasurabaya.net

Mujiaman Direktur Utama PDAM Surya Sembada mengatakan, dia menargetkan tambahan pelanggan baru sebanyak 20.843 pada 2018.

“Bila hal ini tercapai, maka seluruh warga Surabaya sudah mendapatkan layanan air bersih dari PDAM Surya Sembada,” ujarnya di Sumber Mata Air Umbulan, Pasuruan, Kamis (14/12/2017).

Saat ini, jumlah pelanggan PDAM di Surabaya yang telah mendapatkan layanan air bersih sebanyak 550 ribu keluarga.

PDAM mengklaim berhasil menurunkan angka pelanggan yang belum dapat layanan air bersih selama 24 jam. Dari sebelumnya 130 ribu pelanggan menjadi hanya 100 ribu pelanggan sampai akhir 2017.

Untuk mencapai target penambahan pelanggan dan optimalisasi pelayanan, berbagai upaya akan dilakukan oleh PDAM Surya Sembada.

Salah satunya dengan menambah kapasitas produksi air bersih yang akan disalurkan ke pelanggan.

“Dari 9.900 liter per detik yang ada, sekarang optimal menjadi 11 ribu liter per detik. Pada 2018 kami akan meningkatkan menjadi 12 ribu liter per detik,” kata Mujiaman.

Selain itu, PDAM juga akan menambah jumlah reservoir (waduk) dan pompa booster supaya pelanggan di daerah-daerah paling jauh di Surabaya bisa mengakses air bersih.

Kapasitas total reservoir yang ada di Surabaya, saat ini mencapai 17 ribu meter kubik. PDAM menargetkan, ada penambahan kapasitas mencapai 9.000 meter kubik hingga akhir 2017.

“Pada 2018 mendatang kami targetkan akan ada tambahan 12 ribu meter kubik reservoir di Surabaya, sehingga total reservoir kami mencapai 38 ribu meter kubik,” katanya.

Dalam hal kapasitas penyediaan air, selain dari sumber utama air di Surabaya PDAM Surya Sembada sedang menanti penambahan kapasitas dari Sumber Mata Air Umbulan.

Saat ini PDAM Surya Sembada hanya mengelola sebagian dari Sumber Mata Air Umbulan, yakni hanya 150 liter per detik dari total kapasitas sebanyak 4.500 liter per detik.

Itupun tidak sampai ke Surabaya. Air dari Umbulan ini didistribusikan oleh PDAM Surya Sembada ke Kota dan Kabupaten Pasuruan, serta ke Kabupaten Sidoarjo.

“Pada 2019 nanti kami akan mendapatkan tambahan dari proyek SPAM Umbulan pemerintah, 1.000 liter per detik,” ujarnya.(den/ang/bid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs