Minggu, 5 Mei 2024

Pemprov akan Pinjam Dana CSR Pelindo dan Semen Indonesia untuk Bantu UMKM

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan pinjamg uang CSR ke PT Pelindo III dan PT Semen Indonesia. Uang ini sedianya akan digunakan untuk dana pinjaman bagi pelaku UMKM di Jawa Timur.

“Sudah saya tanya, dan Pelindo dan Semen Gresik menyambut baik. Saya ingin pinjam selama dua tahun dan nanti kami kembalikan,” kata Soekarwo Gubernur Jawa Timur, Jumat (8/9/2017).

Menurut dia, dari pada dana CSR diberikan langsung ke penerima, lebih baik bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang lebih produktif.

Saat ini, proses pinjaman ke PT Pelindo III dan Semen Indonesia tinggal menunggu persetujuan dari Menteri BUMN.

Jika disetujui, maka uang Rp400 miliar ini sedianya akan digunakan untuk membantu pelaku UMKM masing-masing Rp50 juta per UMKM.

Uang ini nantinya akan disalurkan melalui Bank Jatim dengan bungga rendah hanya 6 persen sehingga mampu memberikan modal tambahan bagi UMKM.

Sementara itu dari catatan yang ada, jumlah UMKM di Jawa Timur saat ini mencapai 6,8 juta UMKM. Dari jumlah ini 1300 diantaranya merupakan UMKM ekspor.

Soekarwo bilang, pelaku UMKM ini adalah jantungnya ekonomi karena jika UMKM tidak berjalan artinya masyarakat tidak punya penghasilan dan daya belinya akan turun.

“Jika daya beli masyakraat turun, maka industri skala menengah dan besarpun juga akan bangkrut karena tidak ada konsumennya,” kata Soekarwo. (fik/bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs