Jumat, 29 Maret 2024

Sektor Ekonomi Kreatif, Jadi Sumber Kekuatan Ekonomi Baru

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Foto: Setpres

Di tengah melambatnya harga komoditas dan bahan mentah secara global, sektor ekonomi kreatif, memberikan sumbangan yang positif bagi perekonomian Indonesia.

“Di masa depan, ekonomi tidak semata-mata, bergantung pada sumber daya alam mentah,” kata Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekref), dalam paparan 3 Tahun Jokowi-JK di Kantor Staf Presiden, Selasa (17/10/2017).

Tugas ekonomi kreatif adalah memberikan nilai tambah. Sehingga dapat menghasilkan produk yang bernilai tinggi dan berkontribusi besar pada perekonomian.

Berdasarkan data terakhir, dalam catatan Triawan Munaf, ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 7,38 persen terhadap total perekonomian nasional dengan total produk domestik bruto (PDB) sekitar Rp. 852,24 triliun.

“Dari total kontribusi tersebut, sub-sektor kuliner, kriya dan fashion memberikan kontribusi terbesar pada ekonomi kreatif,” jelas Triawan.

Tercatat sub-sektor Kuliner berkontribusi sebesar 41,69%, disusul sub-sektor Fashion sebesar 18,15% dan Kriya sebesar 15,70%. Kepala Bekref juga menambahkan bahwa terdapat sekitar empat sub-sektor yang juga sangat potensial menjadi kekuatan ekonomi baru yakni Film, Musik, Art dan Game (Animasi).

Empat sub-sektor ini tercatat mengalami pertumbuhan paling pesat, yakni Film mencatatkan pertumbuhan sekitar 10,28%, Musik 7,26%, Art/Arsitektur 6,62% dan Game tumbuh sekitar 6,68%.

Namun Triawan menyampaikan ada beberapa hambatan dan kendala dalam pengembangan ekonomi kreatif ini, terutama terkendala oleh ekosistem bisnis dan investasi.

Menurutnya, ekosistem bisnis nasional belum mendukung dalam proses pengembangan ekonomi kreatif, terutama dalam hal infrastruktur untuk menunjang kegiatan kreatif para pelaku usaha ekonomi kreatif dan masyarakat.

Kedua, menurutnya, banyak sektor ekonomi kreatif yang masih masuk dalam daftar negatif investasi, terutama untuk investasi asing. Padahal menurutnya adanya investasi masuk berperan penting untuk menunjang minimnya infrastuktur dan teknologi dalam negeri.

“Kita bisa bekerja sama, menjalin co-production, dari sini kita bisa mengembangkan film nasional misalnya. Itu bisa membantu dan positif untuk perekonomian,” katanya dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net.

Namun Triawan mengaku Badan Ekonomi Kreatif masih terus melakukan upaya untuk mengembangkan sektor kreatif di Tanah Air. Terutama dalam hal ketersediaan data dan informasi statistik yang menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan serta keputusan, baik bagi pemerintah maupun pelaku ekonomi kreatif.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs