Selasa, 7 Mei 2024

Sektor UMKM masih Menjadi Penopang Utama Perekonomian Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur ketika melihat pameran UMKM di Grand City Surabaya, Rabu (26/7/2017). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ekspor andalan Jawa Timur menggelar pameran di Grand City Surabaya. Dibuka Soekarwo Gubernur Jawa Timur, pameran kali ini diikuti oleh 220 pelaku UMKM dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

Mereka yang ikut pameran adalah pelaku UMKM yang telah berhasil menjual produknya ke berbagai negara yang ada di dunia.

“Dari 6,8 juta UMKM yang ada di Jawa Timur, omset pertahunnya saat ini telah mencapai Rp30 triliun,” kata Mas Purnomo, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, di sela-sela pembukaan pameran UMKM dan Koperasi Expo, Rabu (26/7/2017).

Menurut dia, dari jumlah ini, UMKM yang suda tembus ekspor telah mencapai 3 ribu UMKM dengan omset pertriwulan mencapai Rp300 miliar.

Sementara itu Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengatakan, sektor UMKM hingga saat ini masih menopang lebih dari separuh perekonomian Jawa Timur.

“Dengan kontribusi mencapai 54 persen, maka sektor UMKM memang harus menjadi fokus utama pemerintah untuk terus dikembangkan,” kata Soekarwo. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs