Selasa, 21 Mei 2024

Stabilkan Harga Sembako, Jatim Dapat Apresiasi dari Pemerintah Pusat

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur dan Irjen Pol Machfud Arifin saat video conference di Gedung Tribata Mapolda Jawa Timur. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Hal itu terlihat, waktu video conference (vicon), Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri dengan Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur di Gedung Tribata Mapolda Jawa Timur.

Tjahjo Kumolo menilai, Pemprov Jawa Timur mampu mengendalikan, menstabilkan harga kebutuhan sembako. “Beberapa waktu belum lama ini, saya berada di Jawa Timur. Kalau Jawa Timur ini paling bagus dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok. Setelah Jawa Timur, selanjutnya Jawa Tengah,” kata Tjahjo Kumolo, dalam viconnya dari Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Dinilai mampu menstabilkan harga, politikus dari PDI Perjuangan tersebut berharap, jelang bulan Ramadhan dan lebaran hari raya Idul Fitri tahun 2017, Jawa Timur mampu mempertahankan dan menstabilkan harga kebutuhan sembako. Biasanya, harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan dan lebaran itu mengalami lonjakan yang signifikan.

“Menstabilkan harga ini, kami harapkan Jawa Timur tetap mempertahankan dalam menghadapi bulan Ramadhan dan lebaran,” ujar Tjahjo.

Menurut dia, Jawa Timur tercatat menjadi lumbung pangan nasional. Diharapkan juga bisa memberikan pasokan kebutuhan pangan ke provinsi lainnya. Sebab, dengan mengirimkan pasokan itu, maka akan mampu menjaga, dan menstabilkan harga kebutuhan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. “Dengan seperti itu, tidak mengandalkan impor dari luar negeri,” katanya.

Sementara, dalam vicon itu, Mendagri didampingi Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian. Di Jawa Timur, vicon dihadiri Wakil Gubernur, Saifullah Yusuf, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, dan Wakapolda, Brigjen Pol Gatot Subroto di Gedung Tribrata Mapolda Jatim.

Selain Jakarta dan Jawa Timur, vicon juga dilakukan dengan Provinsi Jawa Tengah, yang dihadiri Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan. (bry/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
25o
Kurs