Jumat, 29 Maret 2024

Batik Trenggalek Menangi Fashion Show Gelar Kriya Dekranasda Jatim 2018

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Opening Ceremony Gelar Kriya Dekranasda Jatim 2018. Foto: MENIT7.com

Duta peraga busana asal Trenggalek tampil memukau dengan busana motif batik “Turanggo Yakso” berbahan pewarna alam sehingga menyabet juara harapan II dalam ajang “fashion show” Gelar Kriya Dekranasda Jawa Timur di Antrium Mall Grand City, Surabaya yang berlangsung mulai Kamis (15/3/2018) hingga Minggu (18/3/2018).

“Capaian ini tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Trenggalek. Sebab batik perwana alam khas Trenggalek diakui sebagai produk yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk batik daerah-daerah lain,” kata Mochammad Nur Arifin Plt Bupati Trenggalek di Trenggalek, Jumat (16/3/2018).

Menurut Arifin, batik khas Trenggalek sudah selayaknya menjadi salah satu ikon batik nasional.

Pelaksana tugas Bupati Trenggalek yang menggantikan Emil Elestianto Dardak yang sedang cuti tugas untuk mengikuti tahapan kampanye Pilkada Jatim itu memang sengaja datang langsung dalam acara fashion show Gelar Kriya Dekranasda Jatim 2018 tersebut.

Antara melansir, istri Arifin yang juga mantan model nasional, Novita Hardiny turut tampil dalam peragaan busana mengenakan pakaian berbahan batik motif pewarna alam asal daerahnya.

Novita ikut memperagakan kreasi desain batik khas Trenggalek bersama dengan Mbakyu Trenggalek, disaksikan Nina Soekarwo istri Gubernur Jatim, Ketua Dekranasda Jawa Timur serta dewan juri yang menilai ajang tersebut.

Di atas catwalk, mengenakan busana rancangan Lia Afif salah satu desainer kondang, Novita tampil memukau.

Batik Turonggo Yakso yang merupakan batik dengan pewarna alam menjadi salah satu produk batik unggulan di Kabupaten Trenggalek yang diperagakan pada event tersebut.

Gelar Kriya Dekranasda Jawa Timur 2018 merupakan sarana promosi bagi produk kerajinan unggulan lokal Jawa Timur.

Melalui peragaan busana batik yang digelar pada kegiatan tersebut, tentunya dapat lebih memperkenalkan hasil kerajinan maupun kreasi desain busana batik lokal, khususnya batik khas Kabupaten Trenggalek.

Gelar peragaan busana itu diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-38 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), oleh Dekranasda Jatim.

Acara digelar mulai 15 hingga 18 Maret 2018 tersebut dibuka langsung oleh Soekarwo Gubernur Jawa Timur dan dihadiri Moch. Nur Arifin Plt. Bupati Trenggalek, pada Opening Ceremony. (ant/ino/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs