Kamis, 28 Maret 2024

Blusukan dengan Presiden Korea Selatan, Jokowi Ingat Pasar Tanah Abang

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI diajak Moon Jae-in Presiden Korea Selatan blusukan di kawasan Dongdaemun. Foto: Biro Pers Setpres

Setelah menghadiri jamuan santap malam kenegaraan di Blue House, Seoul, Korea Selatan, Senin (10/9/2018) malam, Joko Widodo Presiden RI dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo diajak Moon Jae-in Presiden Korea Selatan beserta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook untuk blusukan.

Lokasi yang dipilih adalah kawasan Dongdaemun. Tiba pukul 20.30 waktu setempat (WS), Presiden dan Ibu Iriana bersama Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook melihat taman yang dipenuhi bunga dengan cahaya lampu.

Dari Dongdaemun Jokowi bersama prediden Korea berjalan kaki menuju sebuah pusat perbelanjaan. Saat berjalan kaki banyak warga yang terkejut melihat kedua kepala negara berada dekat mereka. Beberapa kemudian memanfaatkan momen ini untuk berfoto bersama.

Di pusat perbelanjaan tersebut, Presiden dan Ibu Iriana berkeliling sambil menyambangi beberapa kios. Di kios-kios tersebut Presiden dan Ibu Iriana melihat-lihat pakaian seperti kemeja, jas, blazer, dan sebagainya. Seperti yang dia lakukan waktu berkunjung ke Mal di beberapa kota di Indonesia.

Suasana akrab antara dua pemimpin negara tampak pada malam hari itu. Sambil berjalan, Presiden Moon dan Presiden Jokowi bercengkerama santai sambil sesekali diselingi tawa.

Setelah berkeliling, Presiden Jokowi melihat kawasan Dongdaemun menyerupai kawasan Tanah Abang. “Saya melihat kawasan Tanah Abang-nya Kota Jakarta,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengakui kawasan Dongdaemun dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan kawasan serupa di Indonesia.

“Saya diajak Presiden Moon Jae-in. Dijual banyak jenis pakaian, ada pakaian anak-anak, remaja, wanita, dan pria juga ada. Ada 30 ribu toko di sini,” kata Presiden Jokowi.

Setelah 45 menit blusukan, sekira pukul 21.15 WS Presiden dan Ibu Iriana berpisah dengan Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook untuk kembali ke hotel tempat menginap.(jos/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs