Minggu, 19 Mei 2024

Hadapi Perang Dagang, Ini Upaya Mendag

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan. Foto : Dok suarasurabaya.net

Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan mengatakan pihaknya akan menyiapkan pasar baru untuk kegiatan ekspornya di beberapa negara lain, sebagai bentuk antisipasi menghadapi perang dagang antar negara Amerika Serikat dan China.

Tahun ini, sejumlah negara yang menjadi targetnya untuk kegiatan ekspor di antaranya Australia, Tunisia, Mozambik hingga Maroko.

“Ini yang saya harap bisa selesai adalah Australia, Tunisia, Mozambik dan Maroko dan secara substansial yang arsip itu kami harapkan bisa selesai,” kata Enggar, usai memberikan kuliah umum di Universitas Airlangga Surabaya, Rabu (8/8/2018).

Selain itu, lanjut dia, Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan saat ini sedang berangkat ke Jepang untuk melakukan general review. Target lainnya, Enggar juga akan segera memproses perjanjian dengan para asosiasi perdagangan bebas seperti EU dan EFTA.

“Hari ini Dirjen saya sedang ke Jepang untuk melakukan general review atas Indonesia ke Jepang, kemudian kita proses diharapkan tahun depan itu dengan EU dan EFTA,” tambahnya.

Dia optimis, dengan langkah-langkah yang dilakukannya itu, bisa memberikan pengaruh untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurutnya, yang terpenting adalah mengenai dua hal, yaitu ekspor dan investasi.

“Salah satu komponen yang kita gunakan adalah bagaimana ekspor kita tumbuh, demikian juga investasinya lebih meningkat dan kita memberikan beberapa atau cukup banyak insentif bagi investasi,” pungkasnya. (ang/dwi/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs