Senin, 29 April 2024

Menteri Pertanian Apresiasi Keberhasilan Inseminasi Buatan di Jatim

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Andi Amran Sulaiman Menteri Pertanian RI di Surabaya, Senin (8/10/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Andi Amran Sulaiman Menteri Pertanian RI menilai Jawa Timur merupakan provinsi terbaik untuk keberhasilan inseminasi buatan (IB) pada ternak sapi. Keberhasilan IB di Jatim naik mencapai 120 persen.

Bahkan dari total nasional, kata dia, keberhasilan IB paling besar dihasilkan oleh Jatim dengan cakupan sebesar 40-50 persen. Berdasarkan data Kementan, target kelahiran sapi nasional sebanyak 2,4 juta pada tahun 2017. Sedangkan Jatim, mampu memenuhi 43,75 persen kelahiran, atau menyumbang sekitar 1 juta lebih anak sapi.

“Bisa dibayangkan, kalau ada lima provinsi yang seperti Jawa Timur. Kelahirannya satu juta lebih, bahkan bisa lima juta. Artinya persoalan sapi sudah selesai,” kata Amran, di Surabaya, Senin (8/10/2018).

Ke depan, kata dia, pihaknya akan mencoba mendorong provinsi lainnya, agar mencontoh keberhasilan Jatim dalam inseminasi buatan pada ternak sapi. Salah satunya, kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan beberapa provinsi dan kontes sapi nasional yang akan digelar di Blitar, Jatim.

Adapun beberapa provinsi yang akan digandeng dalam kegiatan FGD tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, NTB, dan Bali.

“Nanti kita dorong provinsi lainnya yang merupakan pusat-pusat sapi dan peternakan lainnya. Kita undang dalam kegiatan FGD,” pungkasnya. (ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs