Kamis, 25 April 2024

Pelindo III Menyarankan UKM Jatim Menggunakan Tol Laut

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Proses bongkar muat kapal tol alut di Terminal Berlian Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: Anggi suarasurabaya.net

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengajak pegiat Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jatim bisa memanfaatkan Tol Laut untuk menghemat pengiriman distribusi barang.

Wilis Aji Wiranata Manager Humas Pelindo III regional Jatim mengatakan, mungkin banyak pengusaha UKM yang belum banyak mengenal Tol Laut yang biaya kapalnya disubsidi pemerintah.

Oleh karena itu, Pelindo III menyarankan bagi UKM yang mau menjual produknya secara partai besar ke luar daerah, bisa melalui tol laut. Misalnya mau menjual ke Indonesia timur bisa menggunakan tol laut.

“Satu petikemas khusus tol laut misalnya, bisa diisi beberapa produk UKM. Hal ini bisa memberi kesempatan UKM di Jatim untuk menghemat biaya pengiriman, karena ditanggung bersama dengan UKM lain,” ujarnya kepada suarsurabaya.net, Senin (5/11/2018).

Wilis mengatakan, petikemas tol laut lebih murah daripada petikemas yang reguler karena ada subsidi dari pemerintah termasuk BBM kapal.Terkait estimasi waktu sampai pengiriman bisa lebih tepat waktu. Bongkar muatnya juga diprioritaskan dengan lebih cepat.

“Pelabuhan di lingkungan Pelindo III sudah dilengkapi Container Crane yang memudahkan bongkar muat. Di Kupang kami punya, kecepatan bongkar muat untuk kapal tol laut ini memang diprioritaskan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Tol Laut yang selama ini berjalan, semangatnya adalah menjadi Pendulum Nusantara. Pergerakan kapal tol laut mulai Medan ke Jakarta, Surabaya, Makassar, dan ke Sorong, tersedia kapal yang rutin bolak balik.

“Mungkin dengan adanya tol laut ini di Indonesia bagian timur juga bisa tumbuh industri dan UKM yang mulai bisa menyuplai kebutuhan di Jawa,” kata Wilis. (bid/dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs