Jumat, 3 Mei 2024

Pemkab Bangkalan Kembangkan Inseminasi Buatan di Bidang Peternakan

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ilustrasi. Foto: bangkalankab.go.id

Pemkab Bangkalan, Jawa Timur mengembangkan program inseminasi buatan (IB) di bidang peternakan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di kalangan peternak sapi di wilayah itu.

Menurut Abd Razak Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Pemkab Bangkalan, di Bangkalan, Sabtu (31/3/2018), program IB tersebut untuk memajukan sektor peternakan. Apalagi, sektor ini berperan dalam pembangunan seperti meningkatkan kesejahteraan peternak.

“Program IB ini diharapkan bisa memacu perekonomian peternak sapi di Bangkalan ini,” ujar Abd Razak seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan, jika kualitas sapi Madura dikawinkan dengan sapi Madura sendiri akan menghasilkan sapi Madura yang kurang bagus lebih bagus dengan program IB, yang merupakan hasil perkawinan silang antara sapi Madura dengan sapi Australia, maka hasilnya menjadi lebih baik.

Anakan sapi melalui program IB, lanjut Razak, akan menghasilkan kombinasi sapi Madura dan Limosin, dan akan menghasilkan sapi yang ukurannya lebih besar.

“Untuk meningkatkan minat peternak sapi Madura memang perlu peningkatan sosialisasi, karena program IB di Bangkalan ini baru di sebagian peternak sapi saja,” katanya.

Razak menambahkan, sosialisasi ini menurutnya harus ada kerjasama juga dengan petugas penyuluh IB.

Ia menuturkan, bahwa selama ini petugas IB hanya bertugas secara teknis saja. Untuk sosialisasi sendiri sudah ada dinas lain yang menanganinya.

“Petugas kita hanya melakukan tugas yang sifatnya tehknis, untuk sosialisasi melalui penyuluh. Sementara kita tidak punya penyuluh, yang punya penyuluh Dinas Pertanian,” kata Razak. (ant/ino)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs