Kamis, 28 Maret 2024

Peran Pengusaha Muda Dibutuhkan Untuk Hadapi Revolusi Industri

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bambang Soesatyo Ketua DPR RI saat menerima Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Jakarta Raya di ruang kerja Pimpinan DPR, gedung Nusantara III, gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4/2018). Foto: Faiz suarasurabaya.net

DPR RI meminta para pengusaha muda ikut menyukseskan Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI yakin, dengan peran para pengusaha muda, bangsa Indonesia tidak hanya menjadi follower, namun akan menjadi trend setter.

“Revolusi Industri 4.0 adalah keniscayaan yang tidak bisa dielakan. Bangsa kita harus siap. Jika tidak, kita akan tenggelam dalam bayang-bayang bangsa lain,” jelas Bambang saat menerima Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Jakarta Raya di ruang kerja Pimpinan DPR, gedung Nusantara III, gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Dia menjelaskan, DPR RI telah siap menyambut Revolusi Industri 4.0. Melalui RUU Kewirausahaan Nasional yang tengah dibahas, DPR bersama pemerintah telah sepakat memberikan keringanan pajak kepada wirausaha yang bergerak di bisnis start up. Bambang berharap kebijakan ini disambut baik oleh HIPMI Jakarta Raya.

“Kita sedang menggodok aturan agar bisnis start up bisa diberikan keringanan tidak perlu membayar pajak diawal 3-4 tahun usahanya. Ini untuk merangsang lahirnya berbagai kreatifitas bisnis start up, sehingga kita mampu unggul dalam Revolusi Industri 4.0,” kata Bambang.

Sebagai senior HIPMI, Bamsoet mendorong para anggota HIPMI Jakarta Raya tidak lelah belajar dan senantiasa meningkatkan kemampuan masing-masing individu. Bamsoet mengingatkan, persaingan global ke depannya akan semakin sulit karena dunia berubah secara cepat.

“Jangan jadikan HIPMI sekadar tempat mencari pekerjaan. Para angggota harus memanfaatkan wadah HIPMI Jakarta Raya sebagai tempat memperluas jaringan. Membangun networking sangat penting, efeknya akan kalian rasakan di masa yang akan datang. Bangun bangsa dan negara dengan menjadi pengusaha yang berintegritas dan memiliki jiwa nasionalisme,” pesan Bamsoet.

Sementara Afifuddin Kalla Ketua HIPMI Jakarta Raya, mengatakan bahwa HIPMI Jakarta Raya mendukung RUU Kewirausahaan Nasional segera disahkan. Bagi HIPMI Jakarta Raya, RUU tersebut akan menjadi landasan hukum yang kuat dalam meningkatkan jumlah pengusaha, mendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga mampu memerangi kemiskinan.‎

Afifuddin juga menegaskan dalam waktu dekat HIPMI Jakarta Raya akan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kepada para anggotanya. Tema yang diambil juga tidak lepas dari Revolusi Industri 4.0.

“Lebih kurang 300 anggota kita yang baru, mereka bergerak di bisnis start up dan ekonomi kreatif. Kita ingin menyiapkan para anggota HIPMI menyukseskan Indonesia dalam memasuki Revolusi Industri 4.0 melalui berbagai pendidikan dan pelatihan yang diadakan HIPMI Jakarta Raya,” ujar Affifudin. (faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs